Hukum & Kriminal

Penggeledahan KPK di Balai Kota Among Tani, Dewanti Rumpoko : Saya Tidak Tahu

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Batu(beritajatim.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tiga kantor dinas di lingkungan Balai Kota Among Tani, Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu, Rabu, (6/1/2021). Penggeledahan ini terkait kegiatan penyidikan dugaan korupsi perkara Gratifikasi di Pemkot Batu tahun 2011-2017 atau semasa wali kota Eddy Rumpoko.

Tiga kantor dinas yang digeledah oleh KPK antara lain, Kantor Dinas Pariwisata, Kantor Dinas Pendidikan dan Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR). Penggeledahan dilakukan sekira pukul 10.00 WIB hingga saat ini.

Saat penggeledahan, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memilih tidak banyak berkomentar terkait aktivitas KPK di Balai Kota Among Tani, Batu. Dia hanya memberikan jawaban singkat saat ditanya oleh wartawan terkait penggeledahan KPK.

“Saya tidak tahu karena di lantai lima. Ya tanya yang geledah, lah,” kata Dewanti Rumpoko, Rabu, (6/1/2021).

Dalam penggeledahan ini, KPK juga memeriksa mantan Kepala Dinas Pariwisata sekaligus mantan kepala Dinas Pendidikan Batu, Mistin. Usai diperiksa dia mengungkapkan ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh penyidik kepada dirinya.

“Saya ditanya data-data saja. Ya ditanya pernah jadi kepala dinas, saya jawab pernah. Saya tidak banyak ditanya, karena sudah pensiun. Cuma memperbaiki data saja,” tandas Misti.

Sementara itu, Menurut Plt Juru Bicara KPK ali Fikri, penggeledahan dilakukan terkait kegiatan penyidikan dugaan korupsi perkara Gratifikasi di Pemkot Batu tahun 2011-2017. Namun Ali tidak menjelaskan, apakah penyidikan tersebut merupakan pengembangan perkara atau penyidikan baru.

Ali hanya menambahkan, pada Selasa, 5 Januari 2021 kemarin, KPK juga telah melakukan pemeriksaan saksi atas nama Moh. Zaini ( swasta/ pemilik PT Gunadharma Anugerah, red) dan Kristiawan (mantan pengurus rumah tangga walikota Batu Edy Rumpoko, red). “Pemeriksaan bertempat di Kantor Reserse & Kriminal Kepolisian Resor Kota Batu Jl. AP III Katjoeng Permadi No.16, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur,” ujar Ali. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar