Hukum & Kriminal

Kemenag Jatim Segera Panggil ASN Terlibat Penipuan Haji

foto/ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Kementerian Agama (Kemenag) Jatim bergerak cepat terkait kasus penipuan 59 calon haji di Jawa Timur. Tim Investigasi Itjen Kemenag segera memanggil ASN (Aparat Sipil Negara) Kemenag yang terindikasi terlibat.

Pernyataan itu diungkapkan petugas PPIH Embarkasi Surabaya yang juga menjabat Kepala Seksi Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh, Sugianto.”Sekarang tim masih bekerja dan belum selesai. Tunggu hasilnya ya,” katanya melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (8/8/2019).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, tepat pada penutupan pelaksanaan Embarkasi Surabaya, terdapat penipuan pemberangkatan haji 59 orang. Mereka sudah terdaftar untuk naik haji reguler. Hanya saja, terdapat seorang oknum yang mengaku bisa mempercepat pemberangkatan ke Tanah Suci.

Hanya saja, oknum yang masih dirahasiakan identitasnya ini cuma memberi janji. Padahal para calon haji ini sudah membuat selamatan atau acara hajatan untuk pamit naik haji kepada tetangganya.

Kasus ini pun mencuat karena 59 haji yang berangkat ini hanya diajak keliling Asrama Haji Sukolilo Surabaya.
Karena geram tertipu, para calon haji ini pun melaporkan kasus itu ke Polsek Sukolilo Surabaya. Kemudian kasus ini dilimpahkan ke Polda Jawa Timur.

“(Oknum ASN Kemenag Jatim) Yang terindikasi tersangkut akan didalami. Kalau tidak ada yang tersangkut, selesai tugas Tim Investigasi Itjen,” tandasnya. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar