Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Sunscreen dan Sunblock, Apa Bedanya?

Surabaya (beritajatim.com) – Meskipun banyak orang menggunakan sunscreen dan sunblock secara bergantian, 2 hal tersebut bukanlah produk yang sama. Perbedaan utamanya terletak pada kandungan bahan dan bagaimana kedua produk tersebut bekerja.

Bahan-bahan yang tercantum dalam label sebuah sunscreen biasanya meliputi bahan-bahan kimia seperti avobenzone, oxybenzone, ecamsule, octyl salicylate, homosalate, dan octinoxate. Bahan kimia inilah yang akan meresap ke dalam kulit kita dan membentuk lapisan atau screen (itulah mengapa disebut sebagai sunscreen) yang menyerap sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh Matahari dan mencegahnya merusak lapisan kulit kita.

Sementara itu dalam sunblock, bahan-bahan utamanya meliputi zinc oxide dan titanium dioxide yang keduanya berfungsi untuk membantu menghalangi sinar matahari meresap ke dalam kulit kita dan memantulkannya menjauh dari kulit.

Karena sunscreen melindungi kulit dari reaksi kimia yang disebabkan sinar UV, terkadang produk ini disebut sebagai “chemical sunscreen”, sementara itu karena sunblock bekerja sebagai penghalang fisik, produk ini sering disebut sebagai “physical sunscreen.” Secara umum, sunscreen lebih mudah diaplikasikan karena cara kerjanya yang menyerap ke dalam kulit dan konsistensinya yang cenderung lebih encer.

Sementara itu, sunblock memiliki konsistensi yang lebih tebal dan cenderung lebih mudah meninggalkan white sheen atau kesan putih hingga abu-abu pada kulit.

Akan tetapi, sekedar mengetahui perbedaan dari sunscreen dan sunblock mungkin tidak begitu membantu kita untuk memilih dari berbagai macam produk yang ditawarkan di pasaran.

Di Amerika Serikat, Food and Drug Administration atau FDA (Seperti BPOM di Indonesia) melarang penggunaan label sunblock pada produk karena terkesan melebih-lebihkan efektivitas suatu produk. Di pasaran juga seringnya kita akan banyak menemukan produk yang merupakan campuran dari keduanya, dengan kandungan oxybenzone dan zinc oxide sekaligus.

Menurut anjuran dari American Academy of Dermatology, kita sebaiknya memilih sunscreen atau sunblock yang tahan air, memiliki SPF setidaknya 30 atau lebih, dan mendukung “broad spectrum protection” yang berarti perlindungan ganda akan sinar UVA dan UVB yang dipancarkan Matahari yang memiliki dampak menimbulkan keriput dan kesan tua pada kulit dan wajah. [dwp/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar