Iklan Banner Sukun
Ekbis

4 Kunci Sukses Bagi Pelaku UMKM di Pamekasan

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam bersama perwakilan Bank Jatim, saat penyerahan CSR di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Kamis (12/8/2021).

Pamekasan (beritajatim.com)Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menyampaikan 4 (empat) kunci sukses sebagai pengusaha bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Hal tersebut disampaikan dalam penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) dari tiga tiga Badan Usaha Milik Negera (BUMN) bersamaan dengan momentum Hari UMKM Nasional di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Kamis (12/8/2021) kemarin.

Bantuan CSR BUMN bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, berupa peralatan produksi yang disiapkan untuk para pelaku UMKM di wilayah setempat. Meliputi 10 unit mesin jahit dari PT Penggadaian, 5 unit etalase dari PT Garam, serta puluhan paket produksi dari Bank Jatim.

“Pertama kami sampaikan terima kasih kepada tiga perusahaan BUMN atas bantuan CSR-nya, bantuan ini tentunya memiliki arti luar biasa bagi teman-teman UMKM yang mendapatkan bantuan,” kata Bupati Badrut Tamam.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memiliki komitmen besar untuk mensejahterakan masyarakat, salah satunya melalui program Wirausaha Baru (WUB) yang dikenal dengan tagline Saputangan Biru (Sepuluh Ribu Pengusaha Baru).

“Komitmen kami dari awal terus menumbuhkan wirausaha baru melalui program Saputangan Biru, hal ini sengaja kami gagas sebagai upaya meningkatkan sektor ekonomi masyarakat di kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Tidak kalah penting, pihaknya juga memfasilitasi masyarakat yang ingin menjadi pengysaha, mulai dari melaksanakan pelatihan gratis, pinjaman modal dengan bunga 0 persen selama setahun, bantuan alat produksi, serta memfasilitasi sektor pemasaran, baik melalui online maupun offline.

“Gagasan ini kami lakukan agar target 10 ribu pengusaha baru di kabupaten Pamekasan bisa terlaksana dengan baik, sehingga perputaran ekonomi masyarakat Pamekasan terus berkembang. Apalagi program ini juga menjadi satu dari program prioritas yang kami gagas,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga tidak lupa membagikan motivasi kepada para pelaku UMKM agar terus komitmen mengembangkan jenis usaha mereka. “Sukses menjadi pengusaha itu setidaknya memiliki empat syarat; mempunyai keinginan kuat untuk maju, mendapat fasilitasi dari pemerintah, menjalin kemitraan strategis dari beberapa pihak, terakhir adalah berdoa,” jelasnya.

“Namun tidak kalah penting, ketika UMKM ini bangkit, bangkit itu bukan karena bank jatim, bukan karena pemerintah. Tetapi karena keinginan atau memiliki keinginan untuk bangkit. Fasilitas dari Bank Jatim dan pemerintah itu sifatnya pendukung untuk bisa sukses,” tegasnya.

Sementara hasil fasilitasi dari Pemkab Pamekasan melalui program WUB, beberapa peserta di antaranya mampu memproduksi sarung, songkok, sandal, kripik dan beberapa produk lain sesuai dengan pelatihan yang diambil. “Tugas pemerintah ini mendorong atmosfer edukasinya,” pungkasnya. [pin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar