Peristiwa

Kebakaran Hutan Merambah Tiga Gunung di Banyuwangi

Foto kebakaran Gunung Merapi Ungup-ungup saat malam hari. (rindi)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kebakaran hebat yang berawal dari Gunung Ranti menjalar ke sejumlah gunung di sekitarnya. Sebelumnya, Taman Wisata Alam Kawah Ijen juga terbakar. Kebakaran juga meluas hingga menjalar ke Gunung Merapi Ungup-ungup. Ketiga gunung ini lokasinya memang berdekatan.

“Ada dua titik bersamaan di Gunung Ranti dan TWA Kawah Ijen. Kini menyebar ke hutan konservasi Merapi Ungup-ungup, menyebar ke dalam hutan dan berbahaya,” ujar Eka Muharram, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Senin (21/10/2019).

Luas kebakaran, kata Eka, diperkirakan sudah mencapai total lahan sekitar 500 hektare lebih. Potensinya akan semakin bertambah, karena hingga kini kondisinya masih terus terbakar. “Jika angin semakin besar api akan merambat dari atas ke bawah lereng. Dan akan sulit dipadamkan,” jelasnya.

Terlebih, lanjut Eka, tiga gunung itu memiliki hutan kering sehingga sangat mudah terbakar. Hutan tersebut didominasi ilalang dan pohon-pohon kayu kering yang mudah terbakar. “Kita mulai kemarin sudah melakukan pemadaman tapi ini sifatnya hanya untuk mengisolir kobaran api agar tidak merambat. Kita juga kordinasi dengan Forpimda, TNI, Polri maupun relawan,” ungkapnya.

Hingga kini, kepulan asap putih akibat kebakaran masih terlihat dari Kota Banyuwangi maupun daerah terdekat. Saat malam, bara api semakin terlihat jelas menyala tanda kebakaran masih terus terjadi. (rin/kun)

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar