Beritajatim TV

Angin Heli BNPB Bawa Water Bombing Karhutla Gunung Lawu Bikin Gerobak Soto Gelempang

Gerobak Soto
Gerobak soto bawa air water boombing kesenggol di Jogorogo Ngawi

Ngawi (beritajatim.com) – Helikopter PK-DBM berjenis Airbus AS-3506 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) landing di kawasan Lapangan Desa Sidorejo, Kecamatan Kendal, Ngawi, Jawa Timur pada pukul 15.50 WIB tengah mengambil air.

Petugas pun segera memasang peralatan termasuk tangki kecil berkapasitas maksimal 1.000 liter untuk diangkut helikopter.

Kemudian, helikopter lanjut take off untuk mengambil air di Kolam Renang Wisata Sengon Hill di Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi.

Usai mengambil air yang diangkut tangki tersebut diduga karena tidak tahu kondisi yang ada dibawah pilot langsung maju dan menerebas kerumunan petugas dan  gerobak soto yang berada di dekat kolam langsung nyaris terguling karena angin baling-baling heli.

Untung gerobak tidak terguling hanya ‘gelepang’ sedikit hanya kursi plastik yang terguling.

Maxus Baihaqi, operator helikopter mengatakan bahwa pemadaman dilakukan di Wukir Bayi dan bukan di kawasan RPH Campurejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi karena kendala visibility.

“Terbatas kendala jam operasional helikopter sunset 17.29. Kenapa tidak menyiram di titik yang besar (di RPH Campurejo) karena kondisi visibility yang minim. Bombing atas di kawasan Wukir Bayi karena safe angin memungkinkan operasional,” kata Maxus saat ditemui di Lapangan Desa Sidorejo.

Menurut dia, kondisi kawasan RPH Campurejo, angin kabut menutup jarak pandang. Selain itu, tim terkendala waktu operasional. Tiga kali bombing dulu untuk hari ini. Akan dilanjutkan besok pagi, semoga semua berjalan dengan baik,” pungkasnya. (fat/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar