Teknologi

Tidak Ada IMEI, Ini Keluhan Pemilik Ponsel

Foto: ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Sebuah akun instagram bernama Kuliner Restoae membuat status cerita jika ponsel atau gawai miliknya sepekan terakhir memperoleh pesan bahwa gawainya produk black market (BM).

Bahkan, kepada beritajatim.com, pemilik gawai bernama Prabowo juga mengaku sinyal miliknya tak sebagus awal ia membeli. Alhasil, sebagai pemilik akun penjajah kuliner ini pun beberapa kali kesulitan upload video dan foto. Oleh sebab itu ia mencoba menulis kata-kata di status IG dengan harapan Presiden Jokowi mendengarkan keluh kesahnya.

“Sejak 19 Februari 2020 lalu saya sudah dapat pesan bertuliskan ‘Maaf, anda tidak dapat mengaktifkan product ini karena IMEI atau MSISDN anda tidak terdaftar’. Sejak itulah koneksi internet saya tak setabil dan secepat biasanya. Saya siap bayar pajak 10 persen ke pemerintah jika harus membayar pajak biar hp saya bisa dipakai normal,” katanya kepada┬áberitajatim.com, Minggu (1/3/2020).

Lebih lanjut Prabowo menjelaskan, ia mengaku tak mengetahui jika gawai yang ia pakai ini adalah barang dari pasar gelap atau tak membayar pajak. Ia juga mengaku jika ponsel pintarnya ini adalah barang kredit yang ia cicil 10 bulan lalu dan masih harus membayar cicilan delapan bulan lagi. Jika ponselnya rusak kena blokir atau pembatasan sinyal, maka ia akan rugi karena tak bisa kerja eksis di dunia instagram lagi.

“Saya kerja sambilan sih di IG. Tapi lumayan bisa menambah penghasilan. Harapan saya pemerintah memberikan solusi karena HP masyarakat kecil seperti saya ini bisa saja kredit atau menjadi harta berharga dan alat kerja,” ujarnya.

“Kalau saya harus bayar pajak saya mau yang penting hp saya bisa seperti dulu gak lemot, gak terbatasi kinerjanya oleh provider Simpati yang saya pakai ini,” tandasnya.

Seperti diberitakan beritajatim.com, tak sedikit masyarakat yang ponselnya mendapatkan pesan dari provider yang dipakainya ini adalah ponsel BM. Ciri-ciri ponsel BM diketahui pasca aturan pembatasan yang dilakukan prociser adalah adanya pesan bertuliskan ‘Maaf, anda tidak dapat mengaktifkan product ini karena IMEI atau MSISDN anda tidak terdaftar,’.

Selain itu, kondisi sinyal juga tak sestabil sebelum Januarim 2020 lalu. Jika ponsel anda mendapatkan pesan tersebut di atas, maka sudah dipastikan ponsel anda adalah ponsel gelap atau dikenal istilah blak market (BM).

Beritajatim.com juga mencoba menanyakan ke 10 orang pemilik ponsel secara acak apakah mendapatkan pesan dari proviser akan hal ini. Ternyata ada tujuh orang pemikik ponsel mengaku dan menunjukkan bahwa dirinya memperoleh pesan ini. (man/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar