Teknologi

Memperkuat Kolaborasi lewat Zoom Apps dan Zoom Events

Layanan Zoom memungkinkan user tetap bisa berkolaborasi dan produktif tanpa meninggalkan rumah (foto : ilustrasi)

Surabaya (beritajatim.com) – Apa yang terjadi jika tradisi kerja dari rumah, belajar dari rumah, bahkan di rumah saja, terjadi di masa belum ada internet? Lebih spesifik, apa yang terjadi jika tradisi ini muncul saat belum ada aplikasi konferensi video?

Itu sebabnya, beberapa perusahaan yang menyodorkan layanan ini kemudian mendulang laba hebat di masa pandemi, salah satunya Zoom. Mengutip katadata.co.id, awal Juni 2020 lalu, Zoom mencatat kenaikan pendapatan 169 persen selama kuartal I 2020 dibanding periode yang sama sebelumnya.

Di sisi lain, selama pandemi corona, pengguna Zoom meningkat cukup fantastis. Itu sebabnya, sebagai perusahaan yang bukan satu-satunya di jalur layanan aplikasi konferensi video ini terus menyodorkan inovasi baru. Di antaranya dengan meluncurkan Zoom Apps dan Zoom Events.

Lewat inovasi baru ini, Zoom berniat untuk mengajak user melewati masa jeda dengan memanfaatkan sarana hiburan sekaligus meningkatkan kolaborasi dan produktivitas. Sementara Zoom Events adalah platform lengkap untuk membuat berbagai acara virtual interaktif dan imersif untuk menjangkau dan melibatkan audiens.

Eric S. Yuan, Pendiri dan CEO Zoom dalam rilisnya mengatakan, ia senang melihat visi platform (Zoom) berkembang melalui Aplikasi Zoom dan Acara Zoom, karena dunia merangkul pekerjaan hibrida, memberdayakan tenaga kerja hari ini dan di masa depan.

“Inovasi ini akan meningkatkan cara kami terhubung dan berkolaborasi dengan kolega, klien, teman, anggota keluarga, dan lainnya, meningkatkan produktivitas dan kolaborasi sambil mempertahankan unsur kesenangan dan kesejahteraan,” kata Eric.

MEnanggapi hal ini, Roopam Jain, Wakil Presiden, Teknologi Informasi dan Komunikasi di Frost & Sullivan menyebut, Zoom Apps dan Zoom Events menjadi komponen penting dalam memperluas penawaran dan jangkauan Zoom. Solusi ini memberdayakan pengguna agar mencapai lebih banyak dengan komunikasi video. Langkah sekaligus menjelaskan fokus Zoom yang memungkinkan pelanggan untuk membuat dan mengembangkan bisnis di platformnya, baik melalui aplikasi, integrasi, acara, atau layanan lainnya.

Sebagai pengembangan, Zoom juga memperluas layanannya di Zoom App Marketplace, yang telah menampung lebih dari 1.500 pihak ketiga. Artinya. lewat aplikasi Zoom, kita berpeluang dapat meningkatkan produktivitas dan tetap fokus pada alur kerja dengan memasukkan aplikasi favorit dalam rapat.

Saat ini ada 50 Aplikasi Zoom yang tersedia. Di antaranya Asana, aplikasi pendukung penyelenggaraan meeting yang memungkinkan kemudahan membuat pertemuan sekaligus langkah selanjutnya. Lewat Asana kita bisa membuat, mengedit, dan menetapkan tugas tanpa meninggalkan Zoom.

Aplikasi lain, Dot Collector, ruang berbagi perspektif mereka melalui umpan balik dan polling secara real time. Aplikasi ini mendorong kolaborasi yang lebih inklusif, transparansi, dan hubungan yang bermakna di antara rekan kerja, sekaligus memberdayakan individu dengan wawasan yang membantu mereka membuka potensi penuh.

Kemudian Dropbox Spaces, aplikasi Dropbox Spaces untuk Zoom, Heads Up!, game yang bisa dimainkan bersama, hingga SurveyMonkey Enterprise by Momentive, layanan untuk mendapat umpan balik secara langsung lewat survei dan jajak pendapat yang tersedia langsung dalam Zoom.

Aplikasi lain yang tak kalah seru adalah Wellness That Works yang siap memandu Anda menjaga kesehatan dan tetap bugar. Panduan ini tak hanya dalam bentuk tips menjaga berat badan, gaya hidup sehat, gerak tubuh, makanan yang sehat, tapi juga membantu pengguna membangun dan mempertahankan kebiasaan sehat di mana pun, bahkan dalam rapat.

Sementara Zoom Events, didesain untuk memberi kemudahan bagi kelompok atau organisasi yang ada untuk menciptakan pengalaman hybrid dan virtual yang menarik. Zoom Events memungkinkan bisnis besar dan kecil untuk mengelola dan menyelenggarakan sesi acara back-to-back dengan mulus, dari pertemuan yang berhubungan dengan sales dan marketing, acara pelanggan, pameran, hingga acara internal.

Zoom Events menawarkan fitur seperti hub acara, ruang acara virtual perusahaan khusus, pendaftaran yang dapat disesuaikan, dan jaringan melalui lobi acara virtual yang mendukung obrolan.

Jadi, sederhananya, saat Anda diajak hadir dalam meeting virtual, Anda makin punya alasan untuk datang lebih awal. Karena berbeda dengan yang sudah-sudah, rapat tepat waktu di zoom sering kali bermakna duduk bengong sambil menunggu kolega datang. [hendro/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar