Iklan Banner Sukun
Sorotan

Duet Anies-Cak Imin untuk Pilpres, AHY untuk Pilgub DKI

Anies Baswedan

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diperkirakan bakal maju dalam pemilihan presiden dan wakil presiden dua tahun lagi. Sementara Agus Harimurti Yudhoyono diperkirakan maju menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada 2024.

Hal itu ditegaskan Muhammad Iqbal, doktor ilmu komunikasi Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, komposisi itu merupakan paket komplit yang bakal disepakati koalisi partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat.

“Nama Anies sudah digemakan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dalam rapat kerja nasional partai tersebut. Sejatinya orasi Surya Paloh itu sudah memberi kode semiotika politik yang mengarah pada Anies Baswedan sebagai capres pilihan utama Nasdem,” kata Iqbal, Sabtu (18/6/2022).


Alasan Paloh untuk mendukung Anies masuk akal. “Pertama, secara obyektif Anies didukung 32 dari 34 dewan pimpinan wilayah (DPW). Sedangkan Ganjar Pranowo lebih kecil, mendapat dukungan 29 DPW saja. Apalagi Andika Perkasa hanya didukung 13 DPW,” kata Iqbal.

Kedua, fakta profesionalitas yang tak terbantahkan. “Prestasi Gubernur Anies memimpin DKI Jakarta jauh lebih gemilang dan harum di mata dunia. Prestasi Jawa Tengah di bawah Ganjar Pranowo faktanya tidak semoncer DKI Jakarta,” kata Iqbal.

“Ketiga, fakta emosi aspirasi publik yang menunjukkan, meski bukan kader partai politik, nama Anies Baswedan kerap menjadi trending, dan lebih banyak memicu sentimen positif di media sosial. Fakta terbaru, hajatan Jakarta Formula E-Prix ditonton 13,4 juta penonton televisi,” kata Iqbal.

Dalam hal ini, Paloh tak sendiri. Dia menjalin komunikasi dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Poros koalisi PKB-PKS akan menjadi opsi menarik untuk maju bersama dalam kontestasi politik 2024. Dari banyak aspek, Anies tidak memiliki persoalan dengan SBY. Tidak ada resistensi pula antara SBY dengan Muhaimin Iskandar, apalagi dengan PKS yang pernah mendukung pemerintahannya.

“Pertemuan SBY dan Surya Paloh, lalu pertemuan SBY dengan PKB dan PKS beberapa waktu kemarin, patut diduga tengah mengatur strategi komunikasi politik Pilpres 2024. SBY terkesan hendak menjadi playmaker untuk menyiapkan pasangan Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar,” kata Iqbal.

Lantas bagaimana dengan putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono? “Ini dinamika yang realistis-rasional. Boleh jadi SBY bakal menyiapkan AHY untuk maju menjadi calon dubernur DKI Jakarta. Calon wakil gubernurnya mungkin saja Sahroni, Bendahara Umum Nasdem, atau Presiden PKS Ahmad Syaikhu,” kata Iqbal.

“Mungkin saya salah membaca. Namun Jika benar dinamika politiknya seperti itu, dan spirit arah angin perubahan datang dari poros koalisi Nasdem, PKB, Demokrat dan PKS, maka pantaslah SBY dan Surya Paloh kita sebut sebagai The Real King Maker, jika Pilpres 2024 dimenangkan oleh Anies Baswedan – Cak Imin,” kata Iqbal. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar