Sorotan

Dari Ferguson Hingga Sejarah Taktik

8 Buku Bola Pilihan Bonek Writer Forum

Jember (beritajatim.com) – Kultur literasi yang matang membuat banyak buku dengan beragam tema muncul dari dunia sepak bola di luar negeri. Sebagian sudah diterjemahkan di Indonesia. Buku-buku ini becerita tentang sepak bola lebih dari sekadar permainan olahraga, namun juga soal aspek-aspek lain terkait kehidupan.

Bonek Writer Forum, sebuah forum yang menghimpun penulis-penulis sepak bola dengan beragam latar belakang, mulai dari jurnalis, dosen, mahasiswa, PNS, hingga pengusaha, merekomendasikan sejumlah buku penulis luar negeri yang layak dibaca oleh pecinta sepak bola Indonesia. Buku-buku ini beragam, mulai dari otobiografi, laporan perjalanan, sejarah taktik sepak bola, hingga sosiologi.

Berikut daftarnya:

1. Soccernomics, karya Simon Kuper dan Stefan Szymanski (2014)
“Saya baca Soccernomics sampai tuntas. Buku ini layak dibaca, biar tahu perspektif sepak bola dari sudut pandang ekonomi, data, dan statistik. Tak hanya dari dalam lapangan, tapi juga berbagai aspek kehidupan,” kata Iwan Iwe, pengelola website Emosijiwaku.

2. My Autobiography, Alex Ferguson (2013)
Buku ini berisi penututan Alex Ferguson selama menjadi manajer klub Manchester United. Ada beberapa buku biografi Ferguson, namun hanya dua yang diterjemahkan dan diterbitkan Gramedia. Salah satunya buku ini dengan judul Auobiografi Saya. “Tulisannya runtut, sehingga enak dibaca,” kata Sidiq Prasetyo, penulis buku tentang Persebaya dan Niac Mitra.

Hal serupa dikemukakan Iwan Rachmad, anggota Bonek Writer Forum yang tinggal di Depok. Buku ini layak dibaca terutama karena bercerita banyak soal Ferguson yang sudah terbukti sukses sebagai pemain dan pelatih.

3. How Soccer Explains the World: The Unlikely Theory of Globalization, Franklin Foer (2010)
Buku karya wartawan Franklin Foer ini berisi catatan perjalanannya ke sejumlah negara sepak bola dunia, dan diterjemahkan menjadi ‘Memahami Dunia Lewat Sepak Bola’ oleh Marjin Kiri di Indonesia. Muhammad Syafaruddin, mantan wartawan Beritajatim.com, menyebut buku ini bacaan wajib bagi pecinta dan penulis pemula dunia sepak bola.

Sementara, Miftakhul F.S, wartawan dan penulis buku ‘Mencintai Sepak Bola Indonesia Meski Kusut’, mengatakan, sepak bola tetapi bisa dipakai menjadi titik berangkat untuk memahami pergeseran politik, perekonomian global, masalah keagamaan. “Dan Franklin Foer menyajikan itu dalam buku ini dengan sangat apik. Sangat komplek dan menarik dibaca. Setiap babnya merupakan mahakarya jurnalistik,” katanya.

Andhi Mahligai, anggota Bonek Writer Forum yang juga pegawai negeri sipil, sependapat. “Penulis berhasil menggambarkan sepakbola di berbagai negara dengan semua problematikannya, yang kemudian dihubungkan dengan situasi sosial politik di negara yang dijadikan obyek reportase,” katanya.

4. Football: A Sociology of The Global Game, Richard Giulianotti (2006)
Buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Sepak Bola: Pesona Sihir Permainan Global oleh Apeiron Philotes. “Buku ini merupakan karya yang dengan bagus membahas sepak bola dengan pendekatan teori-teori sosial modern seperti dari Gramsci, Derrida, Foucault dan lainnya,” kata Rojil Nugroho Bayu Aji, sejarawan Persebaya dan dosen Universitas Surabaya.

Menurut Rojil, studi-studi kasus di seluruh penjuru dunia menjadi kekuatan buku ini untuk memandang bagaimana sepak bola menjadi permainan tidak hanya di atas lapangan hijau. “Namun juga bisa masuk ke kehidupan sebuah kelompok,” katanya.

5. Football Against the Enemy, Simon Kuper (1994)
Majalah Four Four Two menobatkan buku ini sebagai salah satu buku sepak bola terbaik. Buku ini juga dinobatkan sebagai pemenang William Hill Sports Book of the Year Award. Tak heran jika Rossi Rahardjo, jurnalis dan penulis buku tentang Madura United, merekomendasikan buku ini. “Buku ini menceritakan beberapa sejarah dunia yang berkaitan sepak bola,” katanya.

Salah satu yang menarik adalah tentang sepak bola di kota Berlin, kala Jerman terpecah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur dan dibatasi tembok. “Dalam bukunya, jurnalis Simon Kuper menceritakan bagaimana terbelahnya Berlin menjadi Berlin Barat dan Timur berpengaruh terhadap aktivitas persepakbolaan,” katanya.

6. The Manager: Inside the Minds of Football’s Leaders, Mike Carson (2013)
Buku ini berisi penuturan tentang gagasan sejumlah manajer sepak bola. “The Manager ini menginspirasi saya, memuat kisah sejumlah manajer dunia yang sifatnya teknis. Mike Carson berhasil membedah kekuatan masing-masing manajer, yang membuat perjalanan karir mereka patut dicatat,” kata Bagus Priambodo, jurnalis TVOne.

Salah satu yang disukai Bagus adalah teknik Carlo Ancelotti dalam menghadapi setiap pemain. “Dia menyediakan waktu yang cukup banyak untuk bisa memahami setiap anak buahnya. Baginya, memahami satu persatu pemain tak cuma cara tapi juga budaya untuk membangun juara,” katanya.

“Dengan gaya berbeda, Jose Mourinho juga melakukan hal yang serupa terutama saat menghadapi bakat-bakat berbeda. Serulah buku ini,” kata Bagus. Sayang, buku ini belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

7. Inverting The Pyramid: The History of Soccer Tactics, Jonathan Wilson (2008)
Buku ini dianggap sebagai buku besar sejarah taktik sepak bola. “Isinya detail, menghadirkan informasi baru. Ditulis dengan cara yang tidak terlalu rumit untuk dipahami. Jadi semacam “buku babon” ketika mau belajar soal taktik, baik sejarah atau variasinya,” kata Yamadipati Seno, penulis sepak bola di situs Mojok.

8. Soccer vs. The State: Tackling Football and Radical Politics, Gabriel Kuhn (2011)
“Di buku ini sepak bola, klub, dan suporter dilihat sebagai tindakan politis. Jadi jika ingin menyuarakan sikap politik secara radikal bisa juga lewat sepak bola. Yang menarik adalah ‘komersialisasi’ dalam klub yang berpadu dengan kampanye keadilan sosial bisa berjalan padu dalam sepak bola,” kata Obed Bimo Wicandra, anggota Bonek Writer Forum yang juga dosen di Universitas Kristen Petra Surabaya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar