Siapa Dia

Ema Umiyyatul Chusnah

Serukan Solidaritas Sosial di Tengah Pandemi

Anggota DPR RI Ema Umiyyatul Chusna (berjilbab) saat mengunjungi kantor PWI Jombang, Selasa (21/4/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah mengungkapkan bahwa dampak pandemi corona sudah lintas sektor. Yang lebih memprihatinkan, kondisi tersebut juga menimpa pekerja perempuan. Mulai dari buruh perempuan, pedagang kaki lima, guru PAUD, hingga pedagang sayur keliling.

Oleh sebab itu, membangun solidaritas kemanusiaan sangat diperlukan dalam situasi pandemi. “Semua kalangan terdampak karena wabah ini. Namun yang paling terasa adalah perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga,” kata politisi dari PPP (Partai Persatuan Pembangunan) ini saat mengunjungi kantor PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jombang, Selasa (21/4/2020).

Ema mengungkapkan, untuk meringankan beban kaum perempuan tersebut, maka membangun solidaritas adalah solusi. Mereka yang memiliki kelebihan secara ekonomi, sudah selayakanya membantu kepada sesama. “Jadi dalam peringatan Hari Kartini ini perempuan harus lebih diperhatikan. Terutama mereka yang menjadi tulang punggung keluarga,” ujar Ketua Fatayat NU Jombang periode 2014 – 2019 ini.

Ema juga meminta agar pemerintah benar-benar tepat sasaran dalam mengucurkan bantuan warga terdampak. Bantuan baik berupa uang tunai maupun sembako sudah semestinya diserahkan ke perempuan. Karena merekalah yang mengatur bantuan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kami juga meminta pemerintah agar stok kebutuhan pokok tetap aman menjelang datangnya bulan suci ramadan dan Idul Fitri. Harga 11 kebutuhan pokok juga harus stabil,” ujar anggota DPR RI dari daerah pemilih (dapil) Jatim VIII (Kab/Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kab/Kota Madiun) ini.

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Jombang periode 2014 – 2019 ini menyerahkan bantuan untuk wartawan yang bertugas di Jombang. Bantuan tersebut meliputi APD (alat pelindung diri) berupa masker dan satu paket sembako.

Menurut Ema, wartawan selama ini berada di garda depan untuk memberikan informasi terkait wabah Covid-19. “Tolong sampaikan juga salam saya untuk istri wartawan. Selamat Hari Kartini,” ujar Ema yang mengenakan baju putih bermotif bunga dipadu dengan jilbab dan masker warna putih. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar