Siapa Dia

Santoso Pribadi, Legenda Persebaya dan Sepak Bola Jember

Jember (beritajatim.com) – Mantan Manajer Persid Jember Septafani Rahmansyah menilai sosok Santoso Pribadi tak hanya legenda di Persebaya Surabaya, tapi juga sepak bola di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Santoso pernah melatih Persid Jember. “Beliau legenda sepakbola Jember yang sesungguhnya. Sosok yang sabar, kalem, ikhlas dan jadi panutan semua pemain bola Jember,” kata Septafani yang menahkodai Persis Jember pada 2014.

Santoso tak pernah melemparkan kesalahan kepada pemain saat tim kalah. Septafani masih ingat saat Persid kalah 0-3 dari Persekam Metro FC dalam pertandingan kandang Divisi Utama 2014.

Setelah peluit akhir pertandingan berbunyi, Santoso menatap Septafani. “Ini kesalahan saya, Mas, mohon maaf,” katanya.

“Luar biasa tanggung jawabnya. Tidak ada ekspresi kemarahan sedikit pun ke pemain, dan meminta saya untuk tidak menyalahkan pemain,” kata Septafani.

Santoso meminta Septafani tak menyerah untuk memajukan sepak bola Jember. “Sepak bola Jember Timnas U19 “Sepakbola Jember butuh sosok seperti sampean mas, jangan berhenti sampai disini,” katanya, usai pertandingan uji coba Persid melawan Timnas U19.

Santoso meninggal dunia setelah terkena serangan jantung saat berlatih bulutangkis di Jember, Sabtu (23/2/2019). Ia meninggal dunia pada usia 68 tahun. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar