Siapa Dia

Putut Widjanarko, Legenda Persebaya Spesialis Promosi

Putut Widjanarko (foto: dok pribadi/istimewa)

Jember (beritajatim.com) – Putut Widjanarko punya pengalaman mengangkat sejumlah klub sepak bola ke level kompetisi liga yang lebih tinggi di Indonesia. Ini membuat suporter sepak bola Berni di Kabupaten Jember, Jawa Timur, jatuh hati.

Pria kelahiran Surabaya, 27 Januari 1969 ini, sudah memegang lisensi kepelatihan B dari Konfedereasi Sepakbola Asia (AFC). Sejak 2008, dia menjadi pelatih kepala di 10 klub sepakbola. Beberapa di antaranya sukses diantarkan promosi ke level lebih tinggi.

Sebut saja Persipro Probolinggo yang lolos dari Divisi I ke Divisi Utama pada 2008, Persid Jember yang promosi dari Divisi I ke Divisi Utama pada 2010, Persinga Ngawi lolos dari Divisi I ke Divisi Utama pada 2013, Persibas Banyumas yang naik kasta pada 2014-2015. Dia juga sempat membawa Persinga Ngawi ke babak 16 besar nasional Liga 3.

Apakah tangan emasnya bisa bikin Persid naik kasta dari Liga 3 ke Liga 2? “Tim yang bagus membutuhkan persiapan matang,” kata Putut, Kamis (25/2/2021).

“Pengalaman saya sebelumnya, persiapan harus jangka panjang, tak bisa instan. Maret seleksi pemain, pembentukan tim bulan April. Juni prakompetisi. Juli sudah kompetisi zona Jawa Timur. Kalau persiapan dadakan untuk lolos ke Liga 2 bisa saja, cuma berat,” kata Putut.

Jika persiapan mepet dengan jadwal bergulirnya kompetisi, Persid akan kehabisan stok pemain-pemain bagus di pasar. Tim-tim lain akan berlomba-lomba mencari pemain bagus untuk membentuk tim yang kuat. “Kalau persiapan kita lebih awal, otomatis kita bisa melihat, mengevaluasi, pemain mana yang bagus untuk dipakai dan tidaknya,” kata Putut.

Putut terbiasa memainkan formasi ofensif 4-3-3 di Persinga dan Perserang. “Sepakbola yang bagus adalah sepakbola menyerang. Kita kalau membuat formasi tim juga melihat materi pemain. Tapi kita mengacu ke tim nasional, karena kursus kepelatihan sampai instruktur, timnas Indonesia biasanya pakai 4-3-3,” katanya. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar