Siapa Dia

Penghargaan untuk Kusworo Wibowo Menjelang Pergi

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo (kanan)

Jember (beritajatim.com) – Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo tinggal menghitung hari untuk mengakhiri tugas sebagai Kepala Polisi Resor Jember, dan pindah ke Kabupaten Gresik untuk menjabat posisi serupa di sana.

Menjelang pergi, Kusworo mendapat piagam penghargaan polisi teladan untuk kategori kepangkatan perwira menengah Kasatwil Teladan Penggerak Revolusi Mental dan Pelopor tertib sosial di Ruang Publik 2019. Penghargaan diberikan oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Luki Hermawan, di Rupatama Semeru, Surabaya, Senin (9/9/2019).

Kusworo tak sendirian. Penghargaan juga diberikan untuk Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Buntoro dan Kapolresta Sidoarjo Komisaris Besar Zain Dwi Nugroho.

Nilai yang diraih Kusworo memang masih di bawah Wahyu. Namun penghargaan ini sudah cukup membuat Kusworo bersyukur. “Penilaiannya sejak tiga bulan lalu. Bukan saja penilaian dari pimpinan, tapi juga penilaian dari rekan sejawat, anak buah satuan yang dipimpin, dari tokoh masyarakat, tokoh agama, Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) di daerah masing-masing,” katanya.

“Saya bersyukur atas apresiasi pimpinan atas kinerja kami selama ini dan tokoh masyarakat. Semoga ini jadi cambuk dan kami bisa memberi pelayanan yang lebih baik lagi,” kata Kusworo.

Salah satu kelebihan Kusworo adalah kemampuannya menjadi komunikator dan memediasi pihak-pihak yang berkonflik di Jember. Selama kurang lebih dua tahun bertugas di Jember, ia berhasil membuat banyak orang menaruh hormat.

Dalam catatan beritajatim.com, beberapa kali pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini berhasil mencegah terjadinya benturan serius dalam persoalan tambang emas, kontroversi lembaga pendidikan yang dituding beraliran Wahabi, dan menjembatani guru dengan pemerintah daerah.

Tak heran jika para guru yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Jember menggelar perpisahan dan doa bersama untuk Kusworo. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar