Iklan Banner Sukun
Siapa Dia

Pemain Timnas U-19 asal Jombang Rahmat Beri Santoso Tidur Memeluk Bola

Pemain Timnas Indonesia U19 Rahmat Beri Santoso bermain bola di jalan desa mengenang masa kecilnya, Selasa (20/9/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Rahmat Beri Santoso (18) ikut mengantarkan Timnas Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U20 2023. Piala Asia U-20 2023 akan digelar di Uzbekistan pada 1 hingga 18 Maret 2023. Beri Santoso sangat bangga dengan prestasi itu.

Pada Selasa (20/9/2022), Rahmat Beri kembali ke kampung halamannya di Dusun Cangkringmalang, Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang. Dia di rumah hanya empat hari, setelah itu terbang ke Kalimantan untuk bergabung kembali dengan klubnya, Barito Putera.

Siang itu, Beri mengenakan pakaian olahraga serba merah. Dia berlari-lari kecil sembari menggiring bola di jalanan depan rumahnya. Ada sejumlah anak kecil yang memgikutinya. Mereka mencoba merebut bola dari Beri. Berkali-kali gagal. Pemain Timnas ini sangat lincah mengocek bola.


Beri kemudian menendang bola ke gawang yang terbuat dari tumpukan batu. “Kalau dulu sepak bolanya seperti ini. Di jalan desa. Anak yang gendut jadi kiper. Sedangkan gawangnya dari tumpukan batu,” ujar Beri sembari tersenyum, Selasa (20/9/2022) siang.

Beri memang sedang mengenang masa kecilnya. Sejak usia TK (Taman Kanak Kanak), anak pertama dari dua bersaudara ini sudah gandrung dengan sepakbola. Dia memulai hobinya dengan bermain bola di jalan dengan teman sepermainan. Bahkan, saking cintanya dengan sepakbola, tidak jarang remaja kelahiran 24 Februari 2004 ini tidur sembari memeluk bola.

Rahmat Beri Santoso menunjukkan sertifikat prestasi sepakbola

Bakat itu tercium oleh keluarganya. Hanya saja di desa tersebut tidak ada SSB (Sekolah Sepak Bola). Beri belum bisa menyalurkan bakatnya itu. Baru ketika masuk SMP Negeri 1 Sumobito, bakat Beri tersalurkan. Dia mengikuti ekstrakurikuler di sekolah tersebut.

Nah, oleh pelatih di sekolah, Beri disarankan mengikuti SSB Pesawat FC di Desa Watudakon Kecamatan Kesamben, Jombang. “Saya mulai masuk SSB kelas dua SMP atau tahun 2017. Sejak itulah saya rutin latihan. Hingga kemudian masuk ke PSID Jombang,” kata Beri berkisah.

Kemampuan sepakbola Beri semakin bersinar. Dia menempa fisik dan rajin latihan. Semua itu berbuah manis. Hingga akhirnya dia bergabung Persebaya Surabaya pada 2019. Di tim tersebut Bari bergabung tim U-15. Kemudian pada 2021 Beri lolos seleksi di Barito Putera. Dia bergabung dengan tim senior. “Musim lalu saya sudah dipasang enam kali. Selain striker, saya kadang bermain di sayap,” katanya.

Selama di Timas U-19, Beri sangat bangga. Dia mendapat pembinaan langsung dari pelatih Shin Tae-yong. Bisa masuk Timnas bagi Beri seperti mimpi. Karena hal itu menjadi cita-citanya sejak kecil. Untuk masuk tim tersebut juga harus mengawali seleksi ketat. Namun berkat keseriusannya, Beri mampu menembusnya. “Saya pernah mimpi berseragam merah-merah. Seragam Timnas. Akhirnya jadi kenyataan,” ujar Beri.

Rahmat Beri Santoso dengan anak-anak di desanya

Bagaimana rasanya bisa mengalahkan Vietnam? Kemenangan kemarin itu sepeti final. Beri sangat puas. Karena skor saling kejar. Indonesia sempat unggul, kemudian seri, lalu tertinggal, seri lagi, hingga akhirnya menang dengan skor 3-2. “Menang itu puas. Alhamdulillah. Kemarin itu ajang pembuktian bahwa kita lebih baik dari Vietnam. Ini juga berkat doa dari masyarakat Indonesia,” kata Beri.

Timnas Indonesia dipastikan lolos dengan status juara Grup F pada babak kualifikasi. Pasukan Shin Tae-yong meraih hasil sempurna. Tiga laga dimainkan, tiga kemenangan diraih, dan sembilan poin didapat. Indonesia menang dengan skor 4-0 atas Timor Leste pada laga pertama. Lalu, menang 5-1 atas Hong Kong pada laga kedua. Pada laga ketiga yang sangat menentukan, Garuda Muda menang dengan skor 3-2 lawan Vietnam. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev