Siapa Dia

Orderan Dangdut Sepi, Penabuh Gendang Ini Pindah Jadi Ojol

Gresik (beritajatim.com) – Merebaknya pandemi Covid-19 sangat memukul seluruh lini sektor kehidupan. Termasuk di antaranya sektor kesenian. Seperti yang dialami Podo Antok (33), pria yang sudah 15 tahun menggeluti sebagai profesi penabuh gendang musik dangdut.

Gara-gara Covid-19 yang tak kunjung berakhir, Antok nama panggilan sehari-hari beralih berprofesi menjadi pengemudi ojek online (Ojol). Langkah ini diambil untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari karena tak ada orderan musik dangdut.

Sejak Maret 2020 lalu, Antok sudah beralih profesi. Dirinya menceritakan saat sebelum ada virus mematikan ini, per harinya rata-rata bisa memperoleh pemasukan Rp 250 hingga Rp 300 ribu sekali manggung.

Kondisi itu bagi Antok saat ini berbalik. Jangankan manggung, berkerumun saja sudah ada aturan dilarang. Hal inilah yang membuat dirinya beralih profesi meski pemasukan tidak sebanyak sewaktu berprofesi sebagai penabuh gendang.

“Waktu itu PSBB di Surabaya Raya. Tidak ada pemasukan sama sekali. Langsung saya putar otak bagaimana mendapat penghasilan lain lalu terbesit menjadi ojol,” ujarnya, Minggu (4/10/2020).

Saat pertama kali menjadi ojol. Tidak mudah bagi Antok beradaptasi. Kondisi pandemi yang masih ada masih menyulitkan memperoleh orderan.

Uang diperolen dari orderan pun, belum cukup buat membeli popok dan susu untuk anak keduanya yang baru lahir.

“Saya juga sampai menggadaikan BPKB motor supaya dapat pinjaman. Bahkan, sampai sekarang pinjamamnya belum lunas,” ungkap Antok.

Langkah itu karena tidak setiap hari Antok dapat orderan. Belum lagi kucuran bantuan dari pemerintah tidak satupun nyangkut ke Antok. “Belum menerima bantuan apapun,” ungkapnya.

Meski kondisi tidak menentu, sampai sekarang Antok masih menjalani profesi ojol itu. Sebab, tidak ada cara lain mencari pekerjaan.

“Ya bagaimana lagi semoga saja segera normal, kalau pun belum saya berharap ada kebijakan pemerintah untuk para pekerja seni seperti saya ini,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar