Iklan Banner Sukun
Siapa Dia

Mengenal Dr Rita, Kasubag TU Penulis Buku ‘Pelayanan Publik Selama Pandemi Covid-19’

Malang (beritajatim.com) – Sejak Pandemi Covid-19 muncul awal tahun 2019 hingga di tahun 2021, secara tidak langsung mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah atau PAD di Jawa Timur. Sementara di sisi lain, pelayanan publik yang prima ditutut untuk selalu dikedepankan.

Hal inilah yang kemudian, mengilhami Dr.Hj Rita Kartina, S.H, M.H, M.AP menulis sebuah buku. Wanita yang kini menjabat sebagai Kasubag Tata Usaha UPT PPD Malang Utara dan Batu Kota ini, akhirnya merilis sebuah buku berjudul: ‘Pelayanan Publik di Jawa Timur Pada Awal Masa Pandemi Covid-19’.

Dalam buku tersebut, Doktor Rita mengupas Penurunan PAD Jatim pada sektor pendapatan dari pajak kendaraan bermotor. Hal itu disebabkan kondisi perekonomian yang lesu, berdampak pada daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Sehingga, otomatis berkurang cukup signifikan.

Selaku penulis, Doktor Rita menjelaskan, terbitnya buku yang berisikan empirik dalam menjalankan pelayanan publik di tengah Pandemi Covid-19 khususnya di Jawa Timur, tidak terlepas dari arahan serta dukungan Kepala BPSDM Prov Jatim, Aries Agung Paewai, S. STP;MM.

Disatu sisi, dalam melaksanakan tugas sehari-hari, dirinya dituntut untuk selalu mematuhi Prokes Covid-19 yang merupakan tantangan baru bagi pemberian pelayanan publik kepada masyarakat.

“Termasuk ditutupnya beberapa layanan unggulan yang secara tidak langsung berdampak pada menurunan pendapat dari PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor itu, sangat berpengaruh pada belanja daerah,” ungkap Doktor Rita, Kamis (30/9/2021).

Kata Rita, buku tersebut ia tulis di awal terjadinya Pandemi Covid-19 tahun 2019. “Saya sama sekali tidak menyangka begitu dahsyatnya dampak dari Pandemi Covid-19, terutama pada pelayanan publik. Sebagai Aparatur Sipil Negara, kita dituntut harus mampu memaksimalkan pelayanan publik dengan tetap mengedepankan Prokes,” tegasnya.

“Di buku ini saya juga menjelaskan langkah yang telah diambil dengan melaksanakan sosialisasi baik melalui media cetak maupun media elektronik, termasuk memasang spanduk pengumuman yang berhubungan dengan waktu jam pelayanan di Samsat maupun jam layanan lainnya,” tambah istri perwira Polisi Mabes Polri ini.

Rita menegaskan, motivasi dirinya untuk selalu menulis akan terus berlanjut.

“Insya Allah, dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan buku ketiganya terkait tentang penerapan WFH di lingkungan ASN. Sedangkan di buku perdananya menyoroti tentang Efektivitas Pergantian Kepemimpinan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik,” Rita mengakhiri. [yog/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar