Siapa Dia

Mantan Wabup Jember Hindari Kerumunan, Perbanyak Istigosah

Abdul Muqiet Arief, Wakil Bupati Jember, Jawa Timur, 2016-2021, tak pernah mendatangi acara-acara publik sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Banyak sekali undangan walimah dan acara-acara masyarakat. Saya minta maaf tidak bisa hadir sementara ini. Saya menyarankan kepada masyarakat agar sebisa mungkin acara-acara (resepsi) pernikahan ditunda dulu,” kata Muqiet.

Ada warga yang tetap memaksakan diri menggelar acara resepsi pernikahan. Namun Muqiet memilih tidak hadir. “Demi keselamatan saya dan keluarga saya. Menghindari kerumunan memang bukan satu-satunya tapi betul-betul ikhtiar yang harus diterapkan. Menghindari kerumunan ini yang paling utama,” kata Muqiet.

“Kalau sendirian misalnya, tidak pakai masker kan tidak masalah. Kemudian jaga jarak sudah pasti. Kalau sendirian, tidak banyak bersentuhan, cuci tangan bisa diatur. Tapi kalau kerumunan sudah terjadi, masker wajib, cuci tangan wajib, jaga jarak wajib. Kalau kerumunan bisa diatasi, itu merupakan langkah luar biasa, dan ini harus dipahami semua lapisan masyarakat sampai tingkat bawah,” kata Muqiet.

Di lingkungan Pondok Pesantren Al Falah yang diasuhnya, Muqiet meminta para santri untuk memperbanyak istigosah (berdoa). “Pagi, malam, istigosah terus-terusan. Setelah istigosah pagi, harus senam pakai masker,” katanya.

“Sementara ini orang tua santri yang berkunjung tidak boleh bertemu putra-putrinya yang mondok. Cukup bertemu petugas di pintu masuk. Saya selalu menyampaikan kepada wali santri bahwa ini semua dilakukan demi keselamatan putra-putri dan masyarakat,” kata Muqiet. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar