Siapa Dia

Mahasiswi Unair Ini Gunakan Sepatu High Heels Saat Demo Tolak Omnibus Law

Surabaya(beritajatim.com) – Di balik kericuhan massa aksi tolak omnibus law dengan aparat keamanan di Grahadi Surabaya, ada suatu hal yang unik dari peserta massa aksi.

Ya..dialah Elni Nainggolan, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)  Unair. Sosok peserta massa aksi unik di sela aksi tolak Omnibus Law ini menjadi perbincangan sesama peserta aksi karena menggunakan high heels saat aksi berlangsung di Gedung Grahadi, Surabaya.

Elni memutuskan memakai heels semata-mata sebagai bentuk dari perlawanan dirinya sendiri dari penindasan yang ada akibat omnibus law tersebut.

“Dalam sejarahnya, heels juga dinilai sebagai upaya mereduksi peran perempuan dengan cara memperlambat langkahnya,” tutur Elni Nainggolan, mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga ini, Kamis (8/10/2020) .

Menurutnya, saat perempuan memakai heels harus terlihat anggun, melangkah pelan dan sarat akan kepatuhan. Ia ingin menepis anggapan bahwa perempuan dengan alas kaki apapun, sekalipun heels tetap dapat bergerak bebas, bergerak cepat dan bersuara lantang.

Elni Nainggolan Saat Demo Tolak Omnibus Law

“Karena saya sendiri juga ada didalam barisan aksi, turut membantu di bagian depan massa aksi unair dan perlu untuk dapat bergerak cepat dalam pengkondisian barisan aksi. Dan nyatanya, saya bisa, perempuan diluar sana juga pasti bisa,” tegasnya.

Selain itu, tampilan yang tak lazim, yakni mengenakan sepatu high heels saat aksi dan longmarch berpotensi menuai perhatian orang. Dalam beraksi dan menyuarakan pendapat juga butuh strategi agar didengar.

“Walaupun tidak ada orasi sama sekali dalam aksi kemarin, minimal saya sudah berusaha mencitrakan bahwa perempuan dengan tampilan apapun dapar bergerak dan berpartisipasi dalam barisan perlawanan,” tutur Elni pada beritajatim.com.

Sebelumnya, DPR RI telah mengesahkan Omnibus Law RUU Cipta kerja yang menimbulkan kekecawaan semua kalangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.(ade/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar