Siapa Dia

Ega Wahyu Quszaini

Mahasiswa Untag Jadi Relawan Covid Saat KKN

Ega Wahyu Quszaini (baju merah)

Surabaya (beritajatim.com) – Ega Wahyu Quszaini, mahasiswa Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya mengambil peran nyata dalam pencegahan Covid-19. Secara mandiri Ega melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kampungnya.

Ia membina lingkungan dengan memberi penyuluhan bahaya dan pencegahan penularan Covid-19 kepada warga secara daring di media sosial WhatsApp. “Saya pakai Whatsapp grup (WAG) kampung untuk menyampaikan seputar bahaya Covid-19, dan cara-cara pencegahannya,” jelas mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ini, Sabtu (13/6/2020).

Selain melalui WhatsApp, Ega, sapaan akrabnya juga memasang banner berukuran 2,5 x 0,75 meter berisi cara pencegahan Covid-19. Tujuannya, agar semakin banyak warga yang mengetahui dan tersadar akan ancaman pandemi global ini.

Bukan itu saja, Ega juga menjadi relawan Covid-19. Dia melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga sekitar kediamannya di daerah Jemur Wonosari RT 08 RW 03, Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo, Surabaya. “Ada sekitar 35 rumah yang saya semprot. Saya lakukan lima kali,” ungkap mahasiswa angkatan 2016 ini.

Ega kemudian membagikan 100 lembar masker. Alat pelindung diri tersebut hasil karyanya yang berkolaborasi dengan penjahit setempat. Dengan kegiatan yang dilakukannya sejak 11 Mei-20 Juni 2020 itu, masyarakat pun lantas memberikan respon positif.

Ia berharap, dapat membawa perubahan di masyarakat sekitar kampungnya. Sehingga mereka semakin sadar pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Masyarakat yang awalnya kurang peduli atau cuek, jadi semakin peduli terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Diketahui, KKN Untag di masa pandemi ini, para mahasiswa diminta melakukan pengabdian masyarakat di wilayah tempat tinggal pribadinya. Terdapat lima program yang dapat dipilih setiap mahasiswa. Lima program pilihan itu adalah bakti sosial, relawan covid, bina lingkungan, mengikuti penelitian dosen, dan membuat proyek mandiri. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar