Siapa Dia

Khofifah dan Emil Berbagi Tugas

Jember (beritajatim.com) – Situasi krisis kesehatan yang terjadi saat ini di Indonesia membuat duet pemimpin Pemerintah Provinsi Jawa Timur berbagi tugas. Intinya tak boleh ada persoalan yang terabaikan.

Pembagian tugas ini diungkapkan Wakil Gubernur Emil Dardak. “Bu Gubernur akan banyak terfokus ke Covid-19 (Coronavirus Disease-19). Ini butuh leadership terbaik di Jawa Timur,” katanya, saat berkunjung ke Kabupaten Jember, Rabu (18/3/2020) malam.

Sementara itu, Emil bertugas mengatasi sejumlah persoalan di luar wabah corona. “Saya ditugasi beliau. ‘Pak Emil, sudah. Urusan yang lain jangan sampai terlewati. Tolong tangani’. Kami kemudian menjalankan amanah beliau,” katanya.

Tugas Emil tak mudah. Dia memantau penanganan pasca banjir bandang di Kabupaten Bondowoso dan masalah demam berdarah dengue. Terkait demam berdarah dengue, ia akan berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan Jawa Timur untuk memastikan detailnya.

“Kalau tren sudah turun, alhamdulillah. Jangan lupa DBD ini juga berbahaya, apalagi di tengah keterbatasan rumah sakit. Kalau DBD tidak terkendali, DBD juga butuh perawatan intensif walau tak butuh isolasi,” kata Emil.

Sementara untuk penanganan bencana banjir, Pemerintah Provinsi Jatim akan melakukan sejumlah terobosan untuk mengurangi risiko banjir. “Melindungi masyarakat dari banjir juga penting sekali,” kata Emil.

Emil mengapresiasi kepolisian yang melakukan langkah hukum terkait perubahan fungsi hutan. “Tapi di sisi lain, kami mencoba mencari potensi ekonomi alternatif seperti pariwisata. Konsep relokasi rumah (pengungsi korban banjir bandang Bondowoso), ada ekstra kamar untuk homestay,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar