Siapa Dia

Kepala MTsN 3 Pamekasan Kuliah Singkat di Korsel

Pamekasan (beritajatim.com) – Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan, Mohammad Holis dipercaya Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) untuk mengikuti kuliah singkat di Seoul National University Korea Selatan.

Apresiasi tersebut berkat raihan Indonesia Best School Innovation Award 2019 yang didapat lembaga pendidikan bernama asal MTsN Sumber Bungur yang beralamat di Kompleks Pesantren Sumber Bungur, Pakong.

Berkat raihan tersebut, Kepala MTs Negeri 3 Pamekasan terpilih sebagai perwakilan dari Jawa Timur, sekaligus satu-satunya delegasi dari Madura yang akan menjalani Shot Course Programe di Seoul, dalam sepekan kedepan. Terhitung mulai hari ini hingga Minggu (5/5/2019) mendatang.

“Dalam kesempatan ini, alhamdulillah kami menjadi satu-satunya kepala MTsN di Madura yang dipercaya oleh pemerintah untuk mengikuti ‘shot course’ di Korea Selatan,” kata Mohammar Holis, berdasar rilis yang diterima beritajatim.com, Minggu (28/4/2019).

Kesempatan menimba ilmu di Korsel, merupakan kali kedua pasca sebelumnya juga ditunjuk pemerintah mengikuti program Studi Visit Education di Brunai Darussalam, pada 2017 lalu.

“Sebenarnya terdapat dua guru dari total sebanyak 21 guru dan tenaga kependidikan di Jawa Timur, yang ditunjuk untuk mengikuti kegiatan ini. Hanya saja secara resmi Kemenag memberikan kesempatan bagi lembaga berprestasi di berbagai ajang, baik tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Namun kesempatan belajar di Seoul Korsel, tentunya bakal menjadi pengalaman berharga bagi sosok Holis yang dinobatkan sebagai Juara I Kepala MTs berprestasi tingkat nasional dalam ajang Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Berprestasi tahun 2017 yang berlangsung di Tangerang Selatan, Banten 22-24 November 2017.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Direktorat GTK Kemenag RI, merupakan bentuk afirmasi dan penghargaan bagi GTK madrasah berprestasi dalam rangka menigkatkan knowlage, kreativitas, skill, learning dan melihat secara langsung sistem pendidikan terbaik dunia. Salah satunya Korsel yang dinilai menggeser Finlandia pada tahun 2019.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 22 GTK Madrasah berprestasi (pemenang I) tahun 2017 dan 2018 se-Indonesia ini bertolak dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, menuju Incheon International Airport, Seoul, Korsel.

Selama sepekan kedepan, mereka akan menjalani perkuliahan singkat di bawah bimbingan lima profesor ahli di bidangnya. Meliputi Prof Yu Cheol, Prof Yun Ji Yoon, Prof Lee Yeong Hee, Prof Sin Yee Yon, dan Prof Kim Dong Sop.

Di samping itu, para peserta juga akan mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia. Sekaligus melakukan kunjungan lapangan ke sejumlah sekolah, salah satunya adalah Seoul National University Middle School. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar