Siapa Dia

Inilah Profil Dwi Arya Nugraha Oktavianto, Calon Wakil Bupati Jember

Jember (beritajatim.com) – Catatam perjalanan hidup Dwi Arya Nugraha Oktavianto atau Vian tak pernah menyentuh dunia politik praktis. Pria kelahiran Jember, 19 Oktober 1984 ini lebih banyak dikenal sebagai pengusaha, sebagaimana ayahnya almarhum Ismail Suyanto. Karir keorganisasiannya pun lebih banyak berkutat pada bidang ekonomi dan olahraga basket.

Vian sudah dua kali berturut-turut dinobatkan menjadi ketua umum Persatuan Bola Basket Indonesia Jember pada 2007-2012, dan kemudian berlanjut menjadi orang nomor satu organisasi itu pada tingkat provinsi 2012-2020. Bahkan saat ini dia tercatat sebagai Wakil Ketua Umum Pengurus Perbasi.

Sementara di dunia usaha, Vian tercatat sebagai Sekretaris Gabungan Pengusaha Jasa Konstruksi Indonesia (Gapensi) Jember periode 2018-2023 dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia Jember 2019-2024.

Saat Vian kuliah di Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya, Ismail Suyanto menitipkannya di rumah putri amarhum KH. Muchit Muzadi, tokoh NU kakak almarhum Ketua Pengurus Besar NU Hasyim Muzadi, di Surabaya. Ismail memang dekat dengan kalangan kiai dan sering ikut membantu kegiatan kalangan ulama. Dari sana Vian belajar banyak kepada Muchit yang rutin menggelar pengajian di rumah putrinya tersebut.

Vian Menikah dengan Urfiah Saraswati, dikaruniai dua orang anak, yakni Nadzirah Arya Arzakiyah dan Muhammad Aufar Arya Arroqi. Dia berkembang menjadi seorang pengusaha melanjutkan estafet pengelolaan perusahaan dari orang tuanya. Namun Ismail menggemblengnya melalui kerja keras, mulai dari status karyawan biasa setelah lulus dari ITS.

Ismail selalu menekankan bahwa untuk menjadi pengusaha yang tangguh, diperlukan kedisiplinan dan usaha keras. Hasil tidak akan pernah mengingkari proses. Tanpa kerja keras tak akan ada kesuksesan. No pain no gain. Ibarat seorang pelaut tangguh yang lahir ombak dan badai, demikian juga seorang pengusaha. Itu yang dirasakan Vian saat mengelola perusahaan keluarganya saat krisis ekonomi global menghantam. Pelan tapi pasti ia berhasil menyehatkan perusahaan itu.

Ada tiga alasan Faida memilih Vian menjadi pendampingnya di pilkada. Pertama, karena faktor Wakil Bupati Jember Abdul Muqiet Arief. “Memilih Mas Vian ini adalah hasil perundingan dengan Kiai Muqiet,” kata Faida.

“Mas Vian bukan hanya akan menjadi calon wakil bupati yang mendampingi saya, tapi juga akan meneruskan perjuangan Faida-Muqiet. Oleh karenanya dirunding dengan Kiai Muqiet,” kata Faida, saat deklarasi pencalonannya di rumah pribadi, Jalan Panjaitan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (22/2/2/2020).

“Tentu saja melalui jalan istikharah (salat meminta petunjuk), melalui pemikiran mendalam, yang tentu saja kami ingin pendamping kami pada periode kedua, insya Allah, adalah orang yang mempunyai komitmen yang sama yang siap tegak lurus. Mas Vian berjanji kepada saya dan Kiai Muqiet untuk siap tidak korupsi,” kata Faida.

Menurut Faida, komitmen untuk tidak korupsi penting. “Karena tidak ada kesejahteraan masyarakat, kecuali pemimpin, pejabatnya berkomitmen tidak korupsi,” katanya.

Alasan kedua, keluarga Faida dan Oktavianto telah lama bersahabat. “Mengenal baik keluarga menjadi satu semangat tersendiri. Ibu saya bersahabat dengan bundanya Mas Vian. Ayah saya almarhum juga mengenal sejak kakek Mas Vian,” kata Faida.

“Ketiga, melihat Jember adalah melihat masa depan. Perlu anak muda. Kita perlu mengakomodir semangat anak muda. Kita perlu mengakomodir orang-orang seperti Mas Vian, yang punya tekad untuk membangun daerah. Oleh karenanya Mas Vian punya komitmen bersama-sama cinta duafa, melayani masyarakat, tidak pilih-pilih dalam pelayanan, saya mantap bersama Kiai Muqiet, bersama keluarga, melalui istikharah memilih Mas Vian,” kata Faida.

Vian sendiri meyakini, saatnya kaum muda ikut serta dan berperan serta dalam dunia politik, ikut mewarnai pembangunan dan memajukan kabupaten Jember. Kaum muda tak hanya memikirkan karier semata, namun juga mengabdikan ide, pemikiran dan gagasannya untuk kemajuan kabupaten Jember. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar