Siapa Dia

Ini Jurus Sarmuji Bawa Keluarga Alumni Unej Berdaya Saing

Surabaya (beritajatim.com) – Keluarga Alumni Universitas Negeri Jember (KAUJE) bakal menggelar musyawarah nasional (Munas) di Kota Batu, Jawa Timur, 2-3 November 2019. Salah seorang kandidat Ketua KAUJE yang muncul adalah M Sarmuji, mahasiswa Universitas Jember angkatan tahun 1992.

Sarmuji mengatakan, KAUJE harus didesain sebagai organisasi yang turut memajukan almamater sekaligus ikut berkontribusi pada pembangunan wilayah ataupun nasional.

“Universitas Jember (Unej) sebagai lembaga pendidikan dengan sejarah panjang, harus meningkatkan perannya dalam pengembangan sains dan kesejahteraan masyarakat. Dalam konteks itu, KAUJE wajib berperan agar almamater tercinta semakin berdaya saing di tingkat nasional dan global,” ujar Sarmuji, Jumat (1/11/2019).

Sarmuji sudah menyusun visi-misi dan program kerja untuk meningkatkan peran KAUJE dalam melayani para alumnus dan almamater tercinta. Alumnus Fakultas Ekonomi Unej tersebut mengusung visi ‘Menjadikan KAUJE yang produktif, rumah bersama yang nyaman bagi semua dan saling ketergantungan’.

“Kita bersama-sama berikhtiar menjadikan KAUJE sebagai organisasi alumni yang diperhitungkan dan berdaya saing nasional. Saya yakin itu bisa diwujudkan karena alumnus Unej ini sangat banyak, tersebar lintas profesi, menekuni birokrasi sampai kewirausahaan,” ujar pria kelahiran Surabaya itu.

“Contoh kecil saja, KAUJE harus punya sekretariat permanen di Jakarta. Itu penting untuk membuat kita semua bangga sebagai alumnus. Juga perlu bisnis profesional untuk mewujudkan kemandirian. Itulah yang akan kita wujudkan sama-sama ke depan,” imbuh Sarmuji.

Salah satu jalan untuk memperkuat peran KAUJE adalah mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai pihak untuk mendukung kegiatan Tridharma perguruan tinggi dan pengembangan almamater.

“Insya Allah dengan kekuatan alumnus yang tersebar di berbagai bidang, dalam naungan KAUJE sebagai rumah bersama, kita bisa bersama membawa berbagai sumberdaya jaringan untuk membesarkan Unej, yang otomatis di dalamnya berarti kita ikut membantu meningkatkan kualitas SDM calon alumnus Unej,” papar Sarmuji.

Kemitraan strategis dengan berbagai lembaga itu termasuk BUMN dan swasta, terang Sarmuji, juga bisa untuk mempermudah pengembangan karir alumnus. Tentu saja untuk itu dibutuhkan perbaikan database alumni.

“Kami akan bikin semacam talent pool, serupa manajemen talenta di mana kita bisa dengan cepat mencari siapa alumnus dengan bidang keahlian tertentu. Itu memudahkan kita berkolaborasi. Misalnya ada alumnus punya bisnis dan sedang butuh SDM bidang tertentu, tinggal cari kilat di database talenta Unej yang sesuai kriteria,” ujar Sarmuji yang juga anggota DPR RI ini.

Program lainnya Sarmuji adalah bakal menghelat pertemuan alumnus berbasis profesi, seperti misalnya alumni bidang keuangan, pemerintahan, media dan sebagainya.

“Pertemuan ini penting untuk membuka akses informasi kepada lulusan mahasiswa Universtas Jember,” ujarnya.

Sarmuji pun menyiapkan langkah pemanfaatan teknologi informasi untuk memperkuat kerja-kerja organisasi.

“Kita akan genjot penggunaan teknologi informasi, dari database berbasis TI, media sosial, website, dan berbagai tools lainnya, untuk membangun kapasitas alumnus, memperkuat networking, dan memperkuat silaturahim,” ujar Sarmuji.

“Bahkan kita juga siapkan optimalisasi penggunaan kartu anggota sebagai kartu multiguna. Ada program 10.000 KTA multiguna. Dengan memegang kartu anggota itu, berbagai manfaat bisa didapatkan alumnus karena KAUJE secara kelembagaan akan bekerja sama dengan banyak pihak. Misalnya ada alumnus punya usaha, maka pemegang kartu anggota KAUJE bisa mendapat diskon. Skemanya tentu saling menguntungkan,” imbuhnya.

Sarmuji menambahkan, KAUJE secara berkala juga perlu menggalang dana untuk beasiswa mahasiswa berprestasi.

“Ke depan, kita juga akan siapkan program community development dalam bentuk ‘Desa Binaan’ KAUJE. Kami juga bakal memberikan KAUJE Award kepada alumnus berdedikasi dan berprestasi,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar