Siapa Dia

Indra Sjafri: Penting untuk Menjaga Filosofi dan Kultur Sepak Bola Indonesia

Semarang (beritajatim.com) – Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia U-22 dan U-23, Indra Sjafri menyebutkan pentingnya bagi sebuah negara untuk memiliki kekhasan baik itu filosofi atau kultur dalam sepak bola. Filosofi dan kultur adalah nilai yang ditampilkan bahwa dalam sepak bola itu tidak hanya urusan kalah dan menang, tuturnya saat mengisi seminar Future Leader Camp 2019 di Hotel Grasia Semarang, Sabtu (30/3)

Coach Indra (sapaan akrabnya), pernah lihat kan, ketika pemain timnas indonesia sujud syukur dan bersalaman sambil mencium tangan? Itu adalah salah satu kultur yang dibangun dan dibawa oleh pemain Indonesia bahwa inilah sesungguhnya karakter tim nasional, paparmya saat menjadi pembicara di acara yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa ini.

“Belum ada negara satupun selain Indonesia yang merayakan selebrasi goal dengan sujud syukur dan mengingat tuhanya, bahkan Arab Saudi pun,” terangnya.

Coach Indra tidak menafikan banyaknya pro kontra melakukan selebrasi sujud syukur dan selebrasi berdoa keberagaman di atas lapangan. Menurutnya, ia tidak mempersoalkan pro kontra tersebut. Semuanya tentang niat dan mengingat tuhan bahkan ketika bertanding di atas lapangan.

Coach Indra juga tidak ingin bersombong diri ketika di negara Asia Tenggara, hanya Malaysia dan Indonesia yang menggunakan pelatih lokal untuk mengelola tim U-22 dan U 23. Baginya, ini adalah sebuah proses menjaga kekhasan dan filosofi budaya dalam sepak bola sebuah negara. Dirinya tidak ingin berbohong bahwa peran dan pengaruh pelatih itu sangat sentral dan ketika pelatih asing datang, maka pola dan kultur permainan akan mengikuti arahan sang pelatih.

Coach Indra hadir sebagai pemateri di acara Future Leader Camp 2019 yang dialksanakan oleh BAKTI NUSA dan lembaga sosial Dompet Dhuafa di Hotel Grasia, Semarang. Dirinya menyampaikan bahwa pentingnya kontribusi bagi bangsa dan agama dalam banyak hal. Dirinya memilih jalan sepak bola untuk mengharumkan nama bangsa dan agamanya. [juf/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar