Siapa Dia

Guru Asal Gresik Ini Keliling Mengajar Anak Jalanan

Gresik (beritajatim.com) – Seorang guru di Gresik memutuskan melanjutkan kegiatan belajar mengajar dengan cara berkeliling menemui siswanya. Terutama mereka yang berasal dari keluarga tak mampu.

Pembelajaran keliling dilakukan agar anak didiknya tetap dapat belajar. Pasalnya, siswa yang diajar tidak dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh akibat tidak memiliki telepon seluler berbasis android.

“Saya berkeliling menemui siswa terutama yang berasal dari keluarga tidak mampu. Di antaranya anak jalanan yang tinggal di sekitar Terminal Gubernur Suryo Gresik,” ujar Siti Huroirohmatin seorang guru keliling, Jumat (28/08/2020).

Selama pandemi Covid-19, ibu dua anak ini yang menjadi berprofesi sebagai guru Taman Kanak-Kanak (TK) terus bergerak. Hal ini dilakukan karena sebagian siswanya tidak dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh (daring) karena tak memiliki ponsel.

Aktivitas belajar-mengajar dilakukan secara terbatas dengan memanfaatkan tempat parkir kendaraan angkutan kota, atau emperan toko maupun alam terbuka sekitar terminal.

Siti Huroirohmatin yang selama 20 tahun mengabdi menjadi guru TK. Tak canggung mengajar anak jalanan. Terkadang dia harus rela mencari siswanya yang sedang bekerja menjadi pengamen di sekitar terminal dan Pasar Gresik.

Selain mengajarkan materi pola hidup bersih, dan sehat sesuai standar protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Guru TK tersebut juga mengajar mata pelajaran umum lainnya.

“Aktivitas yang saya lakukan ini sejak adanya pandemi Covid-19, dan saya ikhlas melakukannya,” tutur Siti Huroirohmatun.

Menurutnya, aktivitas menjadi guru berkeliling ini menjadi pilihan agar siswanya dapat melanjutkan belajar di masa new normal pandemi Covid-19.

Abdul Syafii (9) salah satunya siswanya mengatakan, dirinya menyukai model pembelajaran di ruang terbuka yang sudah berjalan tiga bulan.

“Saya senang dapat bersekolah lagi meski di area parkir angkutan kota, atau emperan teras toko,” pungkasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar