Siapa Dia

Gadis Banyuwangi Jadi Duta Lingkungan Jatim 2021

Rachma Fadhillah Amalia. Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Jember (beritajatim.com) – Minggu malam (11/4/2021) adalah saat paling membahagiakan bagi Rachma Fadhillah Amalia. Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember ini terpilih menjadi juara pertama Duta Lingkungan Jawa Timur.

Penganugerahan gelar ini dilakukan dalam acara malam Grand Final Duta Lingkungan Jawa Timur 2021 yang digelar Yayasan Sahabat Pemuda Prestasi di Jember Town Square, Kabupaten Jember. Rachma mengalahkan sembilan finalis lainnya, setelah sebelumnya lolos seleksi yang digelar sejak 12 Februari 2021.

“Saya ingin menjadi role model dari masyarakat Jatim dalam hal pelestarian lingkungan,” kata gadis asal Kabupaten Banyuwangi ini. Bencana alam yang terjadi saat ini, menurut Rachma, tak lepas dari kurangnya kesadaran manusia, termasuk dalam mengelola limbah.

Keberhasilan Rachma ini melanjutkan sukses tahun sebelumnya, saat dia menjadi Wakil 1 Duta Lingkungan Kabupaten Banyuwangi. “Alhamdulillah sekarang menjadi Duta Lingkungan untuk Jawa Timur,” kata mahasiswai semester 8 Program Studi Pendidikan Biologi ini, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Universitas Jember, Rabu (14/4/2021).

Rachma berjanji akan melakukan kampanye pelestarian lingkungan. Dia ingin menjadikan masyarakat maupun generasi pemuda di Jawa Timur sadar akan pentingnya pengelolaan lingkungan dan membudayakan rasa cinta lingkungan.

“Saya harus bisa memberikan pengaruh positif kepada masyarakat sekitar tentang peduli lingkungan, baik menggunakan pendekatan edukasi, lingkungan, maupun entertainment dengan optimalisasi penggunaan media sosial,” kata Rachma. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar