Siapa Dia

Dokter Ini Perkenalkan Manfaat Kulit Anggur

Prof Askandar Tjokroprawiro

Surabaya (beritajatim.com) – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Sudah banyak diketahui pula bahwa pasien diabetes harus menjaga pola makannya.

Tetapi tahukah anda bahwa saat ini dokter-dokter Endokrinologi Penyakit Dalam sedang memperkenalkan pola diet yang menyenangkan, yakni dengan mengkonsumsi makanan sampingan berupa buah anggur.

Prof Askandar Tjokroprawiro mengatakan bahwa menurut pengalaman klinik mengkonsumsi buah anggur 5 butir sekaligus dengan kulitnya setelah makan mampu menekan hingga menurunkan gula darah. Karena kandungan dalam kulit buah anggur merupakan Resveratol yang memiliki efek antidiabetic.

“Sebenarnya yang ditekankan adalah kulitnya. Jadi kalau makan anggur harus sama kulitnya. Kulitnya lah yang memiliki Resveratol yang manfaatnya sangat melimpah itu,” ujar Prof Askandar ditemui di RSUD Dr Soetomo, Senin (3/2/2020).

Kandungan Resveratol yang berada dalam kulit buah anggur sangat melimpah yakni 50-100 mg/g. Sedangkan guna Resveratol sendiri antara lain anti hipertensi, menghambat peroksidasi lemak, menghambat endhotelin, mengurangi kejadian iskemia, menurunkan resiko aritmatis, menstimulasi pembentukan pembuluh darah baru, menangkal radikal bebas, mencegah plak pembuluh darah, dan yang pasti antidiabetic.

Penggunaan Resveratol sebagai salah satu imbost penyakit diabetes belum banyak digunakan di Indonesia. Penelitian dari dokter dalam negeri pun belum ada, tetapi di luar negeri penggunaan Resveratol dan penelitian ilmiah terkait itu sudah banyak sekali dilakukan.

“Karena kalau di Barat, contohnya di Perancis masyarakatnya dekat dengan Resveratol. Mereka biasa mengkonsumsi red wine (anggur merah,red) oleh karenanya mereka jarang terserang diabetes dan penelitian terkait itu sudah banyak sekali dilakukan dan manfaatnya sudah jelas dan nyata,” ungkap Prof Askandar.

Untuk alternatif penggunaan red wine bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, konsumsi buah anggur segar sekaligus kulitnya menjadi pilihan. Selain itu saat ini sudah ada ekstrak kulit anggur yang bisa dibeli.

Resveratol dan manfaatnya serta penggunaan terbaiknya ini juga akan dikenalkan kepada seluruh dokter Endokrinologi Penyakit Dalam se Indonesia pada Simposium Nasional 8-9 Februari 2020 mendatang yang bertajuk The Quadruple Joint Symposium 2020. [adg/ted] 





Apa Reaksi Anda?

Komentar