Siapa Dia

Minimalisir Penularan Covid 19

Dinkes Jatim Minta Warga Terapkan 5M dan Tidak Mudik

Herlin Ferliana, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur

Surabaya (beritajatim.com) – Larangan untuk tidak mudik terus digaungkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 terjadi lagi.

Oleh karenanya, diperlukan usaha bersama untuk mengendalikan penularan Covid-19 seminimal mungkin. Terkait hal itu, Herlin Ferliana, selaku Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur menghimbau agar menerapkan protokol 5 M, tetap di rumah dan tidak mudik.

“Yang paling penting adalah penerapan protokol kesehatan tidak kendur, menerapkan 5M adalah yang paling efektif, tetap di rumah dan tidak mudik,” ujar Herlin, Kamis (6/5/2021).

Dengan menerapakan 5M, tetap di rumah dan tidak mudik adalah langkah paling efektif. Terlebih perilaku jaga jarak dan memakai masker harus diperhatikan saat kegiatan makan bersama.

‘Karena makan bersama, baik sahur maupun berbuka ada waktu waktu tidak bisa memakai masker, maka kita harus perhatikan keadaan sekitar, minimal jarak dengan orang lain saat makan 1 meter, dan hindari berhadap hadapan dengan orang lain. Karena penularan virus ini dari droplet yang akan mudah mengenai orang lain saat tidak memakai masker, maka kegiatan makan ini harus diperhatikan,” terang Herlin.

Herlin pun menegaskan bahwa Dinkes dan Dinas Pariwisata telah melakukan koordasi untuk melakukan tes acak di beberapa titik pariwisata untuk mengetahui dan mengukur seberapa banyak kasus ditemukan.

“Setiap tempat wisata, diharapkan bisa melakukan tes acak, beberapa kabupaten dan dinas pariwista akan melakukan itu/dengan tes Pcr dan swab antigen. Tapi Lebih bagus protokol kesehatan tetap diperketat. Saya akan koordinasi di beberapa titik untuk dilakukan test acak.
Tapi belum bisa menentukan dimana titiknya, karena itu kewenangan pemkot dan harus koordinasi lebih lanjut,” tukasnya. (ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar