Siapa Dia

Datang ke Kafe, Langsung Semprot Meja

Jember (beritajatim.com) – David Susilo, dosen Universitas Jember dan IKIP PGRI Jember, punya kebiasaan baru yang bikin tampak aneh di mata orang lain. Setiap kali datang ke kafe atau rumah makan, bukannya langsung duduk, dia membuka tas ransel dan mengambil botol semprot disinfektan bervolume 250 mililiter.

Dengan masih mengenakan masker, David langsung menyemprotkan disinfektan ke permukaan meja yang hendak ditempatinya. Beberapa kali semprot. Setelah yakin bahwa meja itu sudah cukup bersih, dia baru duduk dan memesan makanan.

“Ini namanya personal new normal check,” kata David. Dia lantas mengeluarkan barang bawaanya dari dalam ransel: hand sanitizer, tisu basah, botol disinfektan. Bukan hanya buku dan berkas layaknya dosen, rupanya. Khusus disinfektan, ia bikin sendiri dengan mencampurkan alkohol dan karbol.

Kebiasaan menyemprotkan disinfektan bukan hanya di kafe, namun di semua tempat fasilitas umum, termasuk ruang kerjanya. Setiap datang ke kantor, David selalu menyemprotkan cairan disinfektan ke atas meja kerja. Ini kebiasaan baru setelah pandemi menyerang.

Aksi David ini sempat ditertawakan teman sendiri. Pengunjung kafe juga memperhatikan tindakan tak lazim itu. Tapi pria yang mengajar ilmu pendidikan ekonomi dan ilmu pariwisata ini tak ambil pusing. “Mau bagaimana lagi,” katanya. Lebih baik ditertawakan daripada berisiko diterjang corona. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar