Siapa Dia

Cerita Risma Sering ‘Curhat’ ke Megawati

Bekasi (beritajatim.com) – Tri Rismaharini, mantan Wali Kota Surabaya yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial, mengaku kerap menumpahkan curatan hati atau curhat kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Termasuk saat dirinya masih menjabat Wali Kota Surabaya.

“Kalau ada masalah, saya juga konsultasi sama Ibu. Dan Ibu (Megawati, red) sangat banyak memberi masukan banyak sekali,” ujar Risma, di sela-sela pembukaan Program Penghijauan Nasional di Desa Lambangsari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/1/2023).

Dia pun mencontohkan, dahulu Surabaya sering diterjang angin puting beliung. Lantas Megawati pun memberi masukkan agar Risma menanam pohon tertentu. “Ibu (Mega, red) menyampaikan. ‘Mbak tanam jenis tanaman ini, saya tanam,” kata Risma

Dia menyebut, dampak menanam pohon sungguh terlihat. Tidak hanya terkait dampak puting beliung tetapi juga mencegah bencana lain seperti banjir.

Lalu Risma juga bercerita nasihat yang selalu diingatnya dari Megawati, saat dirinya menjabat Menteri Sosial agar selalu memerhatikan si miskin yang belum terdata oleh pemerintah. Bantuan sosial, atas saran Megawati, jangan terpaku dari data yang sudah ada. Pemerintah juga harus aktif melakukan jemput bola sambil terus membenahi data penerima bantuan.

“Kemudian Ibu (Megawati, red) juga nasihatkan saya, jangan konsentrasi di data saja. Tapi juga gali orang yang belum terdata. Itu yang kemudian saya turun ke bawah jembatan, saya blusukan di bawah, di makam- makam. Kita turun,” kata Risma. [hen/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar