Siapa Dia

Bupati Mojokerto: Kekebalan Tubuh Lebih Kuat, Anak Sangat Jarang Terpapar Covid-19

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati.

Mojokerto (beritajatim.com) – Indonesia memulai program vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak berusia 12-17 tahun untuk mencegah semakin banyaknya anak-anak yang terinfeksi Covid-19. Namun anak menjadi prioritas kelima vaksinasi Covid-19 setelah tenaga kesehatan (nakes), pelayanan publik, lanjut usia (lansia) dan masyarakat umum.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, remaja memiliki ketahanan tubuh lebih dibanding usia dewasa maupun lansia. “Anak sangat jarang terpapar Covid- 19. Vaksin itu kan keterbatasan, kita punya prioritas dan yang membuat prioritas adalah pemerintah pusat,” ungkapnya, Jumat (23/7/2021).

Masih kata Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Mojokerto, vaksin memiliki keterbatasan karena yang menentukan pemerintah pusat. Sasaran vaksinasi Covid-19 juga ada prioritas dan yang membuat prioritas adalah pemerintah pusat. Mulai dari nakes, pelayanan publik, lansia, masyarakat umum dan anak yang terakhir.

“Kita perhitungannya anak tidak jadi prioritas karena mereka masih daring, namun kita terus memantau usia yang terpapar. Anak sangat jarang terpapar Covid- 19, jika terpapar dari kluster keluarga, anak memiliki ketahanan tubuh lebih dibanding usia dewasa atau lansia. Jumlah penerima vaksin masih sama,” katanya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini menambabkan, data sebelumnya yakni sebanyak 826.000 sasaran dikurangi dari masyarakat umum yang sudah menjalani vaksinasi dikurangi ditambahi anak. Menurutnya, sata dari pusat sistem pengaturannya tidak tambah karena digeser.

“Jumlah tetap sama karena yang didahulukan dewasa karena mobile, anak kan tidak kemana-mana. Jumlah kemarin itu, masyarakat umum dikurangi dan ditambah anak jadi tidak berubah. Vaksinasi kita masih 17 persen, sangat sedikit dibanding Kota Mojokerto yang tinggi capaian vaksinasi,” ujarnya.

Ini lantaran warga Kota Mojokerto lebih sedikit dibanding Kabupaten Mojokerto. Dengan jumlah vaksin yang terima antara Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto sama, namun jumlah penduduk Kota Mojokerto sedikit dibanding Kabupaten Mojokerto sehingga capaian vaksinask Covid- 19 Kota Mojokerto lebih banyak. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar