Iklan Banner Sukun
Siapa Dia

Bonek VIP Ini Wani Ubah Tempat Klasik Jadi Angkringan Milenial

Surabaya (beritajatim.com) – Bisnis kuliner menjadi sebuah pilihan yang menjanjikan bagi para enterprenuer. Apalagi bisnis ini bisa membantu perekonomian UMKM di wilayah yang terdampak akibat pandemi Covid 19 yang tak kunjung selesai.

Seperti yang dilakukan oleh Suporter Persebaya asal Surabaya, Eko Rizal. Dia menggandeng warga Petemon Barat berbisnis kuliner dengan konsep Angkringan klasik dengan menu cafe namun harga kaki lima. Diberi nama Angkringan Petemon.

Ini bukan bisnis kuliner awal dari Eko Bonek VIP di kota Surabaya. Sebelumnya ia memiliki bisnis yang sama di kawasan Rajawali.

Ia dibantu rekannya Asa Riadi membuat bisnis kuliner baru dengan menggandeng beberapa pebisnis kuliner makanan ringan dan warga Petemon Barat yang memiliki usaha kuliner. Termasuk menggandeng pula para warga yang terkena dampak PHK di tengah pandemi untuk menjadi karyawannya.

Yang menarik selain menyulap menjadi tempat gaul, sebelumnya rumah kosong ini sudah 15 tahun tak berpenghuni.

Konsep Angkringan dengan menu cafe harga kaki lima pun diambil untuk mengikuti pasar generasi milenial yang cenderung suka jajan makanan ringan dibandingkan dengan makanan berat. Bahkan makanan yang dijual pun beragam mulai dari sate-satean khas angkringan, nasi kucing, teopoki asal Korea, hingga steak dan pempek dengan harga mulai dari lima ribu rupiah hingga lima belas ribu rupiah.

“Kita kebetulan dapatnya lokasinya di kawasan Petemon barat, kita ubah konsep angkringan klasik santai tapi nyaman karena harganya yang murah dan terjangkau namun rasa dan menunya seperti di cafe kekinian. Sebelumnya kita juga hunting di kawasan sini ini belum ada tempat nongkrong dengan konsep angkringan klasik yang dipadu dengan food truck dengan dukungan kepala rukun tetangga disini. Akhirnya kita bisa bersinergi dengan mereka untuk membantu perekonomian dan mengenalkan kepecinta kuliner jika di wilayah ini ada para UMKM yang memiliki bisnis seperti ini,” ungkap Eko, Kamis (2/8/2021).

Angkringan Petemon ini diharapkan bisa menjadi icon tersendiri nantinya. “Dulu kan Petemon identik banjir. Sekarang di sini ada cafe produk-produk yang digemari teman-teman. Dalam artian digemari anak muda kayak makanan ringan,” bebernya.

Selama satu bulan Soft Launching Eko menyampaikan hasilnya cukup lumayan. Dalam sehari Angkringan Petemon didatangi ratusan anak muda, sehingga terkadang sampai penuh tempatnya.Selain itu bagi Bonek juga Eko memberikan bonus istimewa. Apabila yang datang dengan atribut Bonek atau Persebaya maka akan mendapat satu cangkir kopi gratis.

“Rencana kita buatkan tempat podcast untuk anak-anak. Saya ingin merangkul teman-teman Bonek, kita tidak pilih-pilih. Ayo kita kumpul bareng bareng kita silaturahmi bareng-bareng, bahwa ini ya rumahnya Bonek,” imbuh dia.

Sementara itu Pengelola Angkringan Petemon Asa Riadi menambahkan Angkringan Petemon memiliki konsep Vintage. “Kita mengusung konsep lebih ke Vintage. Yang mana saya tidak pernah membongkar bangunan, kita hanya rombak sedikit lebih asik. Di dalamnya semua kita tidak pakai furniture yang semua serba kayu,” tuturnya.

“Kita juga sediakan Meeting Room. Siapa yang mau meeting apapun kita sediakan tanpa menarik sewa yang penting beli konsumsi saja di sini,” imbuh dia. [way/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar