Siapa Dia

Brigpol Beny Suharsono

Beginilah Tugas Polisi

Sidoarjo (beritajatim.com) – Arus mudik lebaran maupun arus balik, menjadi jadwal sibuk 24 jam bagi anggota polisi lalulintas yang bertugas di lapangan. Dalam tugas polisi lalulintas tak hanya dituntut dalam kuat fisik berdiri di tengah padatnya kendaraan yang lalulalang di jalan raya dan terika panas matahari.

Melainkan petugas lalulintas juga harus murah senyum dalam melayani masyarakat dan tegas dalam menegakkan peraturan lalulintas. “Kita harus murah senyum dalam menyapa masyarakat, mengingatkan atau menegur pengendara yang tidak patuh dan tegas terhadap pelanggar lalulintas,” kata Brigadir Polisi Beny Suharsono, Sabtu (1/6/2019).

Lanjut pria berusia 36 tahun yang kali ini bertugas di Satlantas Polresta Sidoarjo itu, dalam bertugas di arus mudik seperti ini, dirinya dituntut tak hanya mengatur lalulintas yang dijumpahi adanya kemacetan, krusial atau kepadatan arus lalulintas.

Polisi lalulintas juga diharuskan bisa melayani masyarakat lain yang bukan pengendara kendaraan. Masyarakat yang menggunakan jalur transportasi umum juga harus terlayani dengan baik.

Brigadir Beny S mengantarkan seorang pemuda yang mencari bus jurusan Jombang di Terminal Purabaya Bungurasih Waru

“Kita ini pelayan dan pengayom masyarakat. Polisi harus bisa menempatkan diri secara baik dimanapun berada,” tandas suami Astria saat berada di Posko Lebaran 1440 H di Terminal Purabaya Bingurasih Waru.

Di lapangan, menurut penghobi ngetrail itu, kadang banyak dijumpai masyarakat yang kebingungan atas tujuan kemana dan lainnya. Polisi yang menjumpai harus bisa membantu dan mengarahkan secara baik.

Ia juga barusan menjumpai salah seorang yang (maaf) penglihatannya terganggu. Yang bersangkutan terlihat kebingungan mau kemana jalan sambil bawah tongkat.

Benny langsung merasa terpatri jiwa kemanusiaannya lalu mendekati dan mengarahkan warga itu untuk naik bus jurusan ke kota yang dituju yakni Jombang. “Warga itu saya ajak jalan menuju ke bus arah tujuan kota Jombang, dan saya titipkan kepada sopir atau kenek bus untuk diturunkan di Jombang. Semoga yang bersangkutan selamat sampai tujuan,” imbuh bapak empat anak itu berharap. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar