Siapa Dia

Aisha Adreena, Youtuber Cilik Jombang yang Jago Salawat

Youtuber cilik asal Jombang Aisha Adreena Abdullah

Jombang (beritajatim.com) – Aisha berlenggak-lenggok di halaman rumahnya di Jl Patimura Gang III Jombang, Jawa Timur. Tangan kanannya memegang mikropon, sedangkan tangan kirinya menari-nari mengikuti senandung salawat yang ia nyanyikan.

Tampilan bocah yang masih berumur 3,5 tahun ini sangat ceria. Memakai jilbab warna ungu yang selaras dengan warna baju gamis yang dipakainya. Suara khas anak-anak mengalun merdu dari bibirnya. Dia sedang melantunkan salawat ‘Kalamun Qadimullah’.

 

Bocah bernama lengkap Aisha Adreena Abdullah ini hafal salawat tersebut di luar kepala. Sementara di depan Aisha, sang kakak sibuk membidikkan kamera. Merekam aksi Aisha yang sedang bersalawat di halaman depan rumahnya. Nah, rekaman itulah yang dijadikan konten dalam chanel youtube miliknya.

Di waktu yang lain, Aisha melakukan aksi serupa. Namun kali ini bocah yang belum bersekolah itu melantunkan salawat di dalam rumah. Lagi-lagi, aksi bocah ini lucu, polos, dan mengundang decak kagum. Salawat ‘Tibbil Qulub’ dilantunkan dengan sempurna.

Seluruh tampilan anak ke-empat dari empat bersaudara dari pasangan dr Husnu Raji’in Sp.An (57) dan Anjarwati (43) ini tersimpan dalam channel youtube @Aisha Adreena Abdullah. Konten tersebut jumlahnya puluhan. Selain salawat, dalam konten tersebut juga nampak Aisha menghafal berbagai macam doa.

“Sejak umur dua tahun sudah hafal doa akan tidur, doa makan, doa untuk kedua orangtua, serta hafal Surat Alfatihah. Untuk saat ini, selain puluhan salawat, Aisha sudah hafal surat-surat pendek dalam Alquran,” kata ibunda Aisha, Anjarwati, Senin (21/6/2021).

Anjar kemudian menyebut sejumlah salawat yang sudah dihafal Aisha di luar kepala. Di antaranya, salawat badar, tibbil qulub, thola’al badru, hasbi robbi, maulana ya maulana, rohatil, ya sayyidi, mahalul qiyam, serta masih banyak salawat lainnya.

Aisha bersama tiga kakaknya

“Sejak kecil, Aisha sering mendengar lantunan salawat. Nah, ketika umur dua tahun dia mulai hafal. Kemudian mendengarkan lewat youtube. Oleh kakaknya aksi adiknya itu direkam dan dibuatkan akun youtube. Kalau di depan kamera, dia pandai bergaya. Kami tidak pernah mengarahkan, tapi dia reflek menggerakkan tangan saat bersalawat,” kata Anjar berkisah.

Walhasil, tampilan bocah berkulit putih ini di youtube mendapat sambutan hangat. Betapa tidak, tampilan perdana Aisha, yakni setahun lalu, di akun tersebut sudah ditonton 2.100 kali. Kemudian dalam salawat yang lain, ada yang ditonton 5.900 kali. Puncaknya adalah salawat ‘Allahul Kahfi’ yang ditonton 20 ribu kali.

Bukan hanya melantunkan salawat, Aisha juga seolah paham tinggi rendah sebuah nada, serta lambat dan cepatnya tempo saat melantunkan salawat. “Kemarin ditawari untuk melantukan salawat dengan diiring insturmen musik di salah satu studio di Jombang, tapi belum sempat,” kata Anjar yang asli Kediri ini. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar