Siapa Dia

Achsanul Qosasi, Bos Madura United, Luncurkan Buku Memoar Sepakbola

Jember (beritajatim.com) – Presiden Madura United FC Achsanul Qosasi meluncurkan buku memoar sepakbola. Buku berjudul: Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow Hingga Liverpool ini menceritakan kiprahnya di dunia sepak bola sejak 1999.

Buku yang ditulis Hardimen Koto, jurnalis sepak bola senior ini, mengungkapkan cerita perjalanan AQ, sapaan akrabnya, di dunia sepakbola, dilengkapi foto-foto eksklusif. Buku setebal 120 halaman berwarna ini dikemas indah, dengan perpaduan desain, foto dan naskah. Buku ini seperti manifestasi kecintaan AQ kepada sepakbola. “Jangan hentikan saya kalau udah bicara sepakbola,” katanya, dalam siaran persnya, Kamis (15/10/2020).

AQ menggemari sepak bola sejak muda. Dia adalah salah satu Bonek yang berangkat ke Jakarta dalam rombongan besar tret-tet-tet yang digelar Jawa Pos, dan menjadi saksi kesuksesan Persebaya menjuarai Perserikatan pada 1988. Dari suporter, ia menangani klub sepak bola mulai dari PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan, Asosiasi Provinsi PSSI DKI, hingga menjadi petinggi di PSSI.

Terakhir, AQ membangun dan menangani klub Liga 1 Madura United. Pengalamannya menangani klub berjuluk Sape Kerrab ini dituangkan dalam bab tersendiri. Apalagi, ia berhasil memboyong sejumlah bintang ke klub asal Madura itu. Salah satunya bintang Liga Primer Inggris, Peter Odemwingie.

Sejak 2012, puluhan pemain asing dari lima benua singgah di Madura. Buku ini juga memuat sederet testimoni, antara lain dari Gregorius Nwokolo, Haruna Soemitro, Slamet Nurcahyo hingga Rahmad Darmawan dan Habib Zia Ulhaq.

Buku ini juga bercerita soal betapa kuatnya hubungan AQ dengan anaknya, Annisa Dzafarina, yang juga mencontai sepak bola. Putri tunggal AQ itu baru saja lulus dari UEFA Certificate Course, dan menjadi Chief Operating Officer (COO) Madura United itu. “Sampai gak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family,” kata AQ. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar