Siapa Dia

11 Tahun Pensiun dari Politik, Gus Firjaun Jadi Cawabup Jember

Muhammad Balya Firjaun Barlaman

Jember – Muhammad Balya Firjaun Barlaman, tokoh NU dan mantan anggota DPRD Jawa Timur, sudah pensiun selama 11 tahun dari dunia politik praktis. Tahun ini, putra Rois Aam Pengurus Besar NU KH Achmad Shiddiq itu memutuskan untuk kembali ke dunia politik praktis dan terjun dalam kompetisi pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Gus Firjaun, sapaan akrabnya, menjadi calon wakil bupati mendampingi Hendy Siswanto. Dua partai sudah mendeklarasikan dukungan, yakni Partai Nasional Demokrat dan Partai Demokrat.

“Awalnya saya tidak ada minat. Bahkan berkali-kali Pak Haji Hendy meminta saya, saya tetap menolak. Ketika dirapatkan dalam struktur NU, saya juga menolak. Walau pun keputusannya mendukung Pak Haji Hendy dengan menugaskan saya, saya tetap menolak,” kata Firjaun, Sabtu (15/8/2020) sore kemarin.

“Bahkan ketika kemudian (saya diminta) oleh salah satu perwakilan kiai Jawa Timur, saya masih menolak. Sampai kemudian saya dipanggil beliau-beliau. Karena NU ini adalah organisasi para ulama, tentu kendali utama adalah ulama. Tentu saya sebagai santri, ketika sudah didawuhi (diperintah oleh) para masyayikh, para kiai, maka saya tidak ada kata lain selain samikna wa athokna (saya mendengar dan saya taat),” kata Firjaun.

“Saya bismillahi tawakaltu alallah (dengan nama Allah, saya menyerahkan diri kepada Allah). Saya tidak akan kemudian (berpikir) bagaimana ke depannya, itu urusan Allah. Tapi ini bagian dari saya berikhtiar untuk ikut membenahi Jember,” kata Firjaun.

Firjaun mengingatkan, bahwa kebenaran yang tak tersusun rapi akan kalah dengan kebatilan yang tersusun rapi. “Sudah saatnya kita bersatu. Maka saya sebagai seorang santri dengan didawuhi para masyayikh seperti itu, apapun risiko akan saya terima. Walau pun saya didistorsi dan sebagainya, saya sudah pertimbangkan masak-masak,” katanya. Firjaun ingin merangkul semua potensi yang ada.

Firjaun melihat ada hal prinsip dalam pilkada kali ini. “Sehingga saya yang sudah sebelas tahun meninggalkan dunia politik, diminta kembali para masyayikh untuk mendampingi Pak Haji Hendy. Mudah-mudahan niat kami terus-menerus dan tidak berbelok di tengah jalan,” kata Firjaun. Dia menyatakan ingin membenahi Jember. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar