Ragam

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Pensil dan Kegunaannya

(Foto: Angelina Litvin, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Hampir semua orang pasti akrab dengan pensil. Terutama pensil tipe 2B yang pernah menjadi alat wajib ketika mengerjakan soal Ujian Nasional. Penomoran pada pensil seperti 2B, B, HB ternyata memiliki arti dan menunjukkan fungsi dari pensil tersebut.

Sebagian besar kita mengenal pensil sebagai alat tulis tetapi, banyak juga yang menggunakannya sebagai alat gambar. Seniman sering menggunakan alat ini sebagai sarana mengekspresikan imajinasi mereka.

Pensil ini telah melahirkan banyak karya unik yang bernilai cukup tinggi, dan tidak kalah menariknya dengan alat gambar lainnya. Pensil juga dikenal sebagai teknik kering dan berbeda dengan teknik basah, yang membutuhkan media seperti air atau minyak. Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam penciptaan seni, Anda perlu mengetahui berbagai jenis pensil dan karakteristiknya. Berikut adalah spesifikasinya.

Lunak

Jika anda ingin menggunakan pensil yang lebih lembut, anda bisa mengenali pensil yang biasanya ditandai dengan kode seperti 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, 7b. Karena Semakin tinggi angka pada huruf (B), maka semakin lembut kerapatannya dan warna semakin gelap atau hitam.

Sedang

Namun, ternyata ada pensil yang dikategorikan sedang loh. Pensil sedang ini memiliki sifat tidak lunak juga tidak keras, dan dalam kehidupan sehari-hari biasanya banyak orang menggunakan pensil ini untuk menulis. Untuk mengetahui jenis pensil ini biasanya ditandai dengan huruf dan angka seperti H, HB, F, B, 2H, 3H. Yang memiliki arti HB = Half black, B = black, H = hard, F = firm

Keras

Pensil dengan bentuk yang lebih padat ini sering digunakan untuk sketsa bangunan, karena memiliki bentuk yang padat dan efek warna yang tidak terlalu gelap sedikit keabuan. Tipe ini biasanya ditandai dengan huruf dan angka H, 5H, 6H, 7H, 8H, 9H

H = hard

Cara mengenali pensil adalah berdasarkan tingkat kehitaman dan fungsinya. Pensil tipis seperti H, B, HB dan 2B biasanya digunakan untuk membuat sketsa dan denah awal. Di kelas ketebalan sedang seperti 3B, 4B, 5B, digunakan untuk outline dan shading.

Di sisi lain, pensil yang digunakan khusus untuk keperluan menggambar adalah dengan kandungan hitam tinggi seperti 6B, 7B dan 8B. Jenis pensil ini sering digunakan untuk membuat efek air, kaca dan cahaya.

Nah itu dia macam-macam jenis dan kegunaan pensil, jadi jangan salah pakai pensil lagi ya biar karyamu lebih bagus. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar