Ragam

Yuk, Hiasi Rumah dengan 3 Tanaman Menarik Ini

(foto : Tom Herlík, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Melakukan kegiatan dirumah mungkin kita mengalami kebosanan, namun ada beberapa hal yang tidak biasa dapat dilakukan. Salah satunya adalah mempercantik rumah dengan tanaman hias. Meskipun tanaman hias bukan hal yang baru tapi baru kali ini sempat booming saat pandemi.

Ada beberapa rekomendasi 3 tanaman hias yang cocok untuk mempercantik ruangan. Bukan hanya itu, tanaman hias di dalam ruangan dapat membuat rumah terasa lebih nyaman, damai, dan sejuk, serta memberi sedikit ketenangan saat masih terjebak di rumah.

1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman hias yang cocok di dalam ruangan sehingga dapat menyaring racun di udara.Tanaman yang masih sejenis dengan sukulen karena daunnya yang berdaging dapat menampung cadangan air. Sansevieria terdapat dua jenis dari yang panjang meruncing berukuran 50-75 cm dan berdaun pendek melingkar dengan panjang 8 cm serta lebar 3-6 cm.

Penelitian Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) dengan ALCA menemukan sejumlah bukti jika sansevieria dapat mengurangi polusi secara alami. Lidah buaya memiliki kelebihan menyerap racun seperti karbondioksida, benzena, dan formaldehida sehingga mampu beradaptasi terhadap lingkungan yang cukup tinggi.

2. Bamboo Palm

Tanaman yang biasa digunakan sebagai hiasan di dalam ruangan ini membantu meningkatkan kualitas udara dalam rumah. Sebagai tanaman hias indoor, bamboo palm mampu meningkatkan kelembaban yang dibutuhkan ke atmosfer dalam ruangan. Bukan hanya itu, tanaman hias bamboo palm menjadi posisi peringkat teratas yang diklaim untuk menghilangkan benzena, trikloroetilen, dan formaldehida sehingga memperbaiki kualitas udara dalam rumah.

3. Chinese Evergreen (Aglaonema)

Biasanya semua tanaman membutuhkan sinar matahari, namun bedanya Aglaonema adalah tanaman hias yang tidak perlu sinar matahari. Faktanya, Chinese evergreen termasuk tanaman aglaonema sehingga cocok di dalam ruang dengan pertumbuhan cukup baik meskipun dalam kondisi ruangan redup.

Selain itu, kelebihan dari aglaonema terbilang mudah sehingga direkomendasikan untuk pemula yang ingin memiliki tanaman hias. Tanaman ini tumbuh dengan daun yang berwarna-warni, dan dapat bertahan di tanah yang lembap hingga agak kering di sela-sela penyiraman. Keunikan lain dari tanaman ini adalah mudah dirawat dan bagus sebagai koleksi tanaman dalam ruangan. Selain itu, Chinese Evergreen mampu menetralkan racun udara seperti formaldehida dan benzena. [prd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar