Ragam

Wisata Air Anti Mainstream: Mengeksplorasi Keindahan Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken

Surabaya (beritajatim.com) – Bunaken ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1991 oleh Menteri Kehutanan Indonesia. Tempat wisata ini memiliki lahan seluas sekitar 89.065 hektar yang terletak di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Di bagian utara dari taman nasional ini, terdapat Pulau Bunaken, Manado Tua, Montehage, Siladen, Nain, Nain Kecil, dan Pesisir Tanjung Pisok. Sementara di bagian selatan ada Pesisir Tanjung Kelapa.

Sebagai area yang didominasi oleh perairan, salah satu aktivitas wisata yang paling terkenal di Taman Nasional Bunaken adalah Wisata Air. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata air yang bisa anda nikmati di Taman Nasional Bunaken:

Pulau Bunaken

Nama Taman Nasional Bunaken diambil dari salah satu pulau utama yang ada di dalamnya, yaitu Pulau Bunaken. Untuk mencapai pulau ini, anda bisa menggunakan menyewa speed boat atau perahu biasa. Membutuhkan sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi ini jika anda berangkat melalui Pelabuhan Kota Manado. Terdapat 12 titik selam di sekitar Pulau Bunaken dari 20 titik selam yang tersebar di seluruh Taman Nasional Bunaken. 12 titik selam ini sendiri merupakan titik selam yang paling banyak dikunjungi dengan kedalaman lebih dari 1000 meter di bawah permukaan air laut.

Pulau Manado Tua

Untuk bisa sampai di Pulau Manado Tua, anda bisa menggunakan perahu motor dengan durasi sekitar 1 jam. Pulau ini sedikit berbeda dengan 4 pulau lain yang ada di Taman Nasional Bunaken, karena adanya gunung berapi aktif yang ditutupi dengan pepohonan hijau. Salah satu pesona lain dari pulau ini adalah Suku Bowontehu yang sudah hidup di pulau ini sejak tahun 1623.

Pulau Nain

Sama seperti pulau utama lainnya, Pulau Nain juga termasuk ke dalam Taman Nain termasuk ke dalam segitiga karang yang ada di Taman Nasional Bunaken. Pulau ini berada di Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa. Untuk bisa sampai di Pulau Nain, anda bisa menggunakan perahu motor atau speed boat, yang membutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan. Sebagai tambahan, anda juga bisa menggunakan perahu motor kecil, akan tetapi hal itu akan menambah durasi perjalanan anda menjadi 2,5 jam. [dwp/esd]



Apa Reaksi Anda?

Komentar