Iklan Banner Sukun
Ragam

Waspada! Makanan Ini Dapat Menurunkan Kesuburan Pria, Salah Satunya Kopi Loh

Salah satu makanan yang harus dihindari karena dapat menurunkan kesuburan. (Foto: PhotoMIX Company, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Untuk menjaga kesuburan, tak hanya wanita yang perlu memperhatikannya. Para pria juga sangat perlu menjaga asupan makanannya.

Umumnya makanan yang disarankan untuk meningkatkan kualitas sperma ialah sayur, buah, dan daging yang mengandung tinggi protein.

Khususnya bagi pasangan yang sedang program hamil (promil), para suami juga harus menghindari makan-makanan yang dapat berisiko menurunkan tingkat kesuburan pria.

Sebab, menurut beberapa pakar kesehatan hormon menyebut beberapa makanan dapat mengurangi kesuburan. Berikut beberapa makanan yang harusnya dihindari, di antaranya;

Daging olahan
Makanan yang sebaiknya dihindari atau setidaknya dikurangi jumlah konsumsinya ialah daging olahan. Daging olahan ini bisa berupa sosis, kornet, dan sejenisnya.

Hal ini karena bahan dasar daging tersebut sudah mengalami berbagai proses panjang, terlebih dengan adanya campuran bahan-bahan kimia di dalamnya. Tak ayal jika jenis makanan yang satu ini dapat mempengaruhi kualitas sperma.

Susu Sapi
Susu sapi yang tinggi lemak dipercaya juga dapat menurunkan kesuburan pada pria. Hal ini tidak lepas dengan pengaruhnya yang dapat menurunkan jumlah air mani. Maka bagi pria yang sedang menjalankan promil, disarankan untuk mengganti susu sapi tinggi lemak menjadi rendah lemak.

Lemak trans
Lemak trans biasanya ditemui pada daging yang sudah dimasak atau dipanggang. Makanan lain seperti keripik, kentang goreng, atau beberapa jajanan yang telah di panaskan berulang kali dapat meningkatkan kadar lemak trans. Hal ini tentu bisa berdampak pada kualitas sperma yang menurun.

Mengandung BPA
Kandungan BPA tidak hanya dapat mengganggu kesuburan pada wanita, namun juga para pria. Makanan yang mengandung BPA tinggi kerap dijumpai pada makanan kaleng, makanan yang dibungkus menggunakan Styrofoam, atau makanan panas yang dibungkus dengan plastik.

Alkohol
Minum minuman beralkohol yang dilakukan sesekali mungkin tidak begitu mempengaruhi kesuburan pria, namun juga sudah terlalu sering bahkan setiap hari dikonsumsi, hal itu tentu tidak baik.

Kafein
Mungkin jika minuman beralkohol cukup mudah dihindari, namun bagaimana dengan konsumsi kafein yang biasanya identik dengan pria?

Ternyata konsumsi kafein berlebih juga dapat menurunkan kesuburan seseorang. Tak ayal jika sedang promil, disarankan untuk mengurangi konsumsi kafein, seperti kopi atau teh.

Kedelai
Jika wanita mengonsumsi kedelai dapat meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita, namun berbeda dengan pria. Konsumsi makanan atau olahan kedelai, seperti tempe, tahu, hingga susu yang terlalu banyak dapat mengurangi produksi air mani. Tak ayal hal tersebut juga berpengaruh pada menurunnya kesuburan pria. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar