Iklan Banner Sukun
Ragam

Waspada! Ketahui Ciri-ciri Orang Manipulatif Ini agar Kalian Tak Dikendalian Mereka

Ilustrasi orang manipulatif yang perlu dihindari karena akan mengendalikan kamu. (Foto: cottonbro,Pexel)

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin masih banyak masyarakat yang belum paham betul perihal manipulatif. Orang dengan kepribadian seperti ini kerap menggunakan beragam strategi untuk mengendalikan orang lain.

Bisa jadi mempengaruhi secara fisik maupun secara mental. Bahkan tak jarang keduanya sekaligus. Tujuannya ia melakukannya pun beragam. Namun, yang pasti agar seseorang bisa mengikuti sesuai dengan apa yang dikehendakinya.

Orang-orang manipulatif bisa datang dari mana saja, mulai dari hubungan percintaan, pekerjaan, maupun pertemanan.

Tak ayal perlu berhati-hati dengan orang di sekitar. Adapun ciri-ciri orang manipulatif yang perlu diketahui. Beberapa di antaranya seperti;

Pura-pura peduli

Tidak semua orang nyatanya benar-benar peduli dengan apa yang kita alami dan rasakan. Bahkan tak sedikit yang justru berpura-pura peduli hanya untuk mencari celah kelemahan kita dan sebagainya. Orang manipulatif sangat identik dengan hal ini.

Bercanda dengan menyinggung

Orang manipulatif juga kerap menyinggung secara langsung maupun tidak. Namun, ia biasanya mengemasnya dengan nada candaan.

Hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan, ada maksud tertentu di baliknya. Biasanya karena ia ingin menunjukkan kelemahan orang lain di hadapan khalayak, sekaligus agar dirinya bisa tampak lebih hebat.

Mamutarbalikkan fakta

Manipulator memang pandai dalam urusan berbohong dan membuat alasan. Bahkan bisa jadi ia menahan atau menutupi informasi penting agar tidak sampai pada orang lain.

Dengan perilakunya tersebut, tak jarang jika ia justru memutarbalikkan fakta dan menyalahkan orang lain jika ada suatu masalah.

Enggan mendengar saran dan kritik

Karena semua hal harus berjalan sesuai dengan kehendak hatinya, tak ayal jika orang manipulatif enggan menerima saran ataupun kritik. Ia berasumsi bahwa semua orang akan setuju dengan apapun yang ia lakukan.

Membuat seseorang jadi merasa bersalah

Tak jarang pada manipulator akan menutupi kesalahan yang ia lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya justru dengan membuat seseorang menjadi merasa bersalah. Seolah-olah kegagalan yang kalian alami adalah semata karena kesalahan satu orang saja. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar