Iklan Banner Sukun
Ragam

Waspada! 5 Tanda Stress yang Jarang Disadari, Salah Satunya Malas Ketemu Orang

Ilustrasi seorang yang sedang mengalami stres karena beberapa hal. (Francisco, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Terkadang, seseorang tidak sadar bahwa sebenarnya sedang stress. Stress adalah hal yang tentunya pernah dialami oleh hampir semua orang. Jika tidak ditangani dengan tepat, stres yang dialami bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang.

Ada tanda stres yang jarang disadari oleh seseorang. Hal itu terjadi karena seolah tidak mengalami stres padahal sebenarnya sedang stres. Berikut ini 5 tanda stres yang jarang disadari.

1. Mood Swing!

Tanda stress pertama yang sering tidak disadari adalah mood swing. Mood swing adalah kondisi emosi yang dirasakan dalam fase tidak jelas dan terus berubah. Tanda ini perlu diwaspadai. Sebab, ketika Anda mengalami mood swing, mungkin itu adalah efek stress yang tidak kamu sadari.

2. Gampang Merasa Tersinggung

Saat Anda sedang stress, semua yang ada di sekitar seolah menjadi salah. Termasuk, ucapan orang lain yang biasanya bisa Anda tanggapi dengan santai, malah bisa membuat Anda meledak. Jadi, Anda perlu berhati-hati. Jika kondisi Anda sedang seperti ini, mungkin memang lagi banyak pikiran.

3. Muncul Jerawat

Jerawat juga bisa menjadi tanda jika Anda sedang stress. Soalnya, ketika Anda merasa stress, tubuh jadi memompa hormon kortisol secara berlebihan, dan membuat Anda jadi makin berminyak. Oleh sebab itu, kulit jadi lebih gampang jerawatan ketika Anda sedang stress.

4. Memaksa Diri Lebih Sibuk dari Biasanya

Saat Anda sedang mengalami stress, tanpa sadar akan memaksa diri untuk melakukan lebih banyak pekerjaan dibanding biasanya, sebagai pelarian. Tapi, bukannya membaik, biasanya Anda justru makin stress kalau memaksakan diri mengerjakan terlalu banyak hal.

5. Timbul Rasa Malas Bertemu Orang Lain

Rasa malas bertemu orang lain yang tiba-tiba mendera. Hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kita sedang stress. Tapi, jangan salah karena dengan mengisolasi diri dan menghindari orang lain malah bisa berpotensi mendorong stressnya semakin parah.

Pahami tubuh Anda, jika mengalami beberapa hal itu berarti Anda harus self-healing untuk meredakan stres. Jangan sampai stres yang ada mengganggu produktivitas harian Anda. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar