Iklan Banner Sukun
Ragam

Wajib tahu Perbedaan Kelapa Muda dan Kelapa Hijau, Serupa Tapi Tak Sama

Any Lane

Surabaya (beritajatim.com) – kelapa merupakan buah khas tropis yang pada umumnya tumbuh subur di pesisir pantai. Namun kini banyak jenis pohon kelapa yang ditanam di berbagai tempat dan jenis tanah. tanaman kelapa ini cukup terkenal karena memiliki keunggulan pada semua bagian. Dari daun hingga akar dan buah mendatangkan banyak sekali keuntungan, maka tidak heran jika tanaman kelapa sebagai salah satu simbol dari organisasi pramuka Indonesia yaitu (tunas kelapa).

Namun dalam mengonsumsi buah kelapa ini banyak sekali cara, mulai dari tunas hingga kelapa itu tua tetap bisa digunakan. Seperti hal nya mengkonsumsi buah kelapa ialah airnya karena memiliki rasa yang menyegarkan dan banyak manfaat. Namun, jangan sampai salah mesan yaa, ternyata ada dua jenis kelapa yang biasa dijual untuk dikonsumsi airnya. Yaitu kelapa hijau dan kelapa muda.

Berikut ini simak perbedaan antara kelapa hijau dan kelapa muda

Kelapa hijau mengandung lebih banyak air dari pada kelapa muda, bahkan harganya bisa dua kali lipat dari pada kelapa muda. Rasa Air Kelapa Hijau lebih manis dari pada kelapa muda. Di sisi lain, rasa manis kelapa muda lebih lemah karena rasanya yang asin.

Kopra atau daging kelapa hijau dinilai lebih kenyal dan lunak. Hal ini berbeda dengan daging kelapa muda yang teksturnya agak asam. Kelapa hijau mengandung lapisan daging yang tipis, Semakin tua kelapa, semakin tebal lapisan inti kelapa muda.

Kelapa hijau lebih bergizi daripada kelapa muda dan dapat digunakan sebagai obat untuk beberapa penyakit. Berbeda dengan kelapa muda biasanya digunakan untuk bersantai di pantai atau menjadi pilihan favorit minuman di restoran.

Kelapa hijau sering digunakan dalam upacara keagamaan seperti halnya sering dijadikan sebagai sesajen. Dari segi harga hijau lebih mahal daripada kelapa muda. Kelapa hijau adalah salah satu dari banyak spesies kelapa yang berbeda.

Secara fisik cukup sulit Bagi orang awam membedakan antara kelapa hijau dan kelapa biasa. Namun, jika Anda membandingkannya dengan teliti pasti dapat melihat perbedaannya. Saat Anda mengupas kelapa hijau, seratnya berubah menjadi merah. Sedangkan kelapa muda tidak berubah menjadi merah.

Nah itulah perbedaan kelapa hijau dan kelapa muda yang harus Anda ketahui, agar lebih tepat dikonsumsi dan digunakan. Selamat mencoba. [ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar