Iklan Banner Sukun
Ragam

Wabah yang Pernah Mengguncang Dunia

Ilustrasi rumah sakit (foto : Gustavo Fring, Pexels)

Surabaya (beritatatim.com) – Pandemi covid-19 ini sudah berjalan hampir 2 tahun di dunia. Pemerintah di seluruh wilayah sudah menerapkan peraturan yang diperuntukkan untuk masyarakat agar pandemic ini semakin tidak menyebar luas.

Covid-19 memiliki ciri khas bagi pengidapnya. Penyakit ini akan dimulai bisa dengan sesak nafas, radang tenggorokkan, sakit kepala, demam tinggi, anosmia atau kehilangan indra penciuman dan perasa, lalu batuk dan pilek.

Penyakit ini merenggut dari jutaan masyarakat di segala penjuru wilayah. Khususnya di Indonesia, pemerintah melakukan lockdown, PPKM level 1-4 yang digunakan untuk mengatasi dan memutus rantai penyenaran covid-19. Tahukah kalian, ternyata ada virus lain yang pernah mengguncang dunia selain virus covid-19 ini loh, apa aja sih virusnya? Yuk simak!

1. Cacar

Virus cacar atau disebut smallpox ini merenggut sebagian besar warga Yunani pada tahun sebelum masehi di 430 SM.Virus ini ditandai dengan adanya ruam di kulit dan demam. Virus cacar ini meninggalkan bekas permanen atau beberapa orang dapat mengalami kebutaan. Pada tahun 1949, Amerika serikat bisa memberantas cacar dengan vaksin.

2. Justinian

Justinian adalah salah satu wabah yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang di tikus yang telah tergigit oleh kutu terinfeksi. Wabah Justinian juga ini pernah mengguncang eropa dan sekitarnya.

3. Great plague of London

Virus ini memyenar dan menyebabkan sebagaian besar warga London terinfeksi. Penularan ini menyebar di rute perdagangan.

4. The modern plague

Wabah versi modern ini muncul di tahun 1860 an yang menelan korban mulai dari 12 juta di Tiongkok, Hong kong dan india. Terbitlah vaksin yang digunakan untuk mengakhiri wabah ini.

5. Flu Spanyol

Wabah ini sudah menewaskan banyak dari masyarakat pada perang dunia pertama. Virus ini disebabkan adanya virus influenza A subtipe H1N1. Pada gelombang pertama di tahun 1918, wabah ini menyebar luas di kalangan tentara. Pada gelombang kedua, penyebarannya jauh lebih ganas. Gelombang ini menyerupai wabah flu biasa.

6. HIV

Wabah ini merupakan singkatan dari human immunodeficiency virus yang menyerang bagian kekebalan tubuh lalu menginfeksi merusak sel CD4, sel ini berperan di menjaga imunitas. Untuk penemuan vaksin atau penyembuhan dari HIV ini belum ditemukan, namun terdapat pbat yangdapat memperlambat berkembangbiaknya penyakit tersebut. HIV aids sudah masuk di Indonesia dan menyebar keseluruh penjuru dunia. [rad/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar