Iklan Banner Sukun
Ragam

Viral Lapis Legit Mahal di TikTok, Ini Dia Resep yang Bisa Anda Coba Sendiri di Rumah

Lapis legit yang viral di TikTok.

Surabaya (beritajatim.com) – Tahun Baru Imlek sudah di depan mata, salah satu sajian yang wajib ada adalah kue lapis legit. Kue basah tradisional dengan tampilan cantik yang terdiri atas lapisan-lapisan adonan kue ini ternyata sudah populer sebagai sajian Imlek sejak zaman kolonial, loh!

Baru-baru ini, viral sebuah video TikTok yang membagikan harga sekotak lapis legit yang ada di angka Rp650.000,- video tersebut mengundang perdebatan antara warganet TikTok tentang apakah harga jual dari lapis legit tersebut sesuai dengan yang didapatkan.

Sebagian menganggap bahwa harga yang dipatok penjual terlalu mahal untuk sekotak kue berukuran 20×20 cm. Akan tetapi, warga net lainnya beranggapan bahwa harga tersebut adalah standar apalagi untuk mereka yang sudah terbiasa membeli lapis legit setiap Tahun Baru Imlek.

Daripada ikut berdebat tanpa ujung, ada baiknya anda mencoba membuat sendiri kue basah tradisional ini untuk mengetahui apakah harga tersebut sebanding dengan yang anda dapatkan.

Berikut ini adalah resep lapis legit dari Athsarina Luthfiyyah, editor senior Resepkoki.id yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Perkiraan waktu memasak: 120 menit
Tingkat kesulitan: Sedang
Hasil sajian: 20 potong

Bahan:

Kuning telur, 20 butir

Gula halus, 300 gram

Butter, 350 gram

Tepung terigu protein rendah, 60 gram

Susu bubuk, 20 gram

Bubuk spekuk, 1 sendok teh

Susu kental manis, 3 sendok makan

Alat:

Mangkok untuk mengocok adonan

Mixer

Ayakan

Oven

Cara Memasak:

Kocok gula halus dan butter dengan mixer hingga mengembang dengan kecepatan tinggi, perkiraan waktu kurang lebih 10 menit.

Turunkan kecepatan mixer, masukkan telur satu persatu dan kocok hingga rata. Setelah rata, masukkan susu kental manis dan kocok hingga rata.

Ayak bumbu spekuk, susu bubuk, dan tepung terigu protein rendah dan masukkan secara bertahap ke dalam adonan yang telah dikocok, aduk hingga tercampur rata.

Masukkan 1 sendok sayur adonan kedalam loyang 20 x 20 x 7 cm yang sudah dialasi dengan kertas roti, ratakan.

Oven dengan api bawah suhu 180°C hingga kecoklatan, keluarkan dari oven lalu tekan-tekan permukaannya dengan punggung sendok atau alat penekan kue lapis.

Tuang 1 sendok sayur lagi adonan, ratakan, oven dengan api atas sampai kecoklatan, tekan-tekan lagi permukaannya. Ulangi langkah tersebut hingga adonan habis.

Setelah adonan terakhir, panggang dengan api bawah selama 15 menit sampai matang.

Setelah matang, keluarkan lapis legit dari oven dan dinginkan sebentar. Lapis legit siap untuk disajikan. [dwp/ian]


Apa Reaksi Anda?

Komentar