Iklan Banner Sukun
Ragam

Viral di TikTok, Ini Sejarah dan Cara Membuat Dalgona Candy ‘Squid Game’

(Foto: tangkapan layar, Youtube The Swoon)

Surabaya (beritajatim.com) – Squid Game memang sudah usai. Tetapi masih banyak orang yang belum bisa move on dari film bertema survival ini. Salah satu yang menjadi perhatian dan banyak dijadikan meme adalah permen dalgona.

Di Squid Game, permen ini pernah digunakan dalam salah satu permainan. Para peserta diberikan sebuah permen yang diletakkan dalam wadah berbentuk bulat, lalu mereka harus bisa membentuk permen tersebut sesuai dengan pola yang sudah digambar di atasnya.

Dalgona sendiri pernah menjadi tren di Indonesia sebgai salah satu olahan minuman kopi kekinian. Beberapa waktu lalu, dalgona kembali viral di Tiktok. Permen dalgona merupakan salah satu jajan pinggir jalan dari Korea Selatan. Makanan manis ini disajikan dalam berbagai bentuk seperti bintang, lingkaran, serta segitiga, karena ditujukan untuk anak kecil.

Kepopuleran permen ini dimulai setelah Perang Korea tahun 1950 di Korea Selatan. Orang-orang yang tidak mampu membeli permen dan cokelat Amerika yang mahal menemukan cara sendiri untuk menyenangkan hati mereka.

Jajan yang juga dikenal dengan permen sarang lebah ini cukup sederhana karena hanya terdiri dari dua bahan, yakni gula dan soda kue. Menurut Bapsang, blog memasak Korea, semua jenis gula bisa digunakan, tetapi Anda tidak bisa mengganti baking soda dengan baking powder.

Karena akan melelehkan gula, sediakan Teflon atau sendok sayur anti lengket. Anda juga memerlukan kertas perkamen, mangkuk atau cangkir yang akan digunakan sebagai stempel, spatula karet dan benda tajam untuk menghilangkan sisa bentuknya, seperti pisau. Menurut TikTok dan Bapsang Korea, ini adalah cara terbaik untuk memasak permen dalgona:

Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil sampai sedang dan tambahkan 1,5 sendok makan gula.

Saat Anda melihat gula meleleh di sekitar tepinya, aduk secara teratur untuk memastikannya meleleh secara merata dan tidak gosong. Jika berasap, matikan api dan turunkan suhunya. Lakukan terus sampai gula benar-benar meleleh. (Jika Anda pernah membuat karamel, ini akan terasa familier).

Setelah meleleh, matikan api selama beberapa detik agar dingin. Campurkan sejumput soda kue, kemudian aduk lagi. Aduk sekeras yang Anda bisa. Saat sudah siap, ini akan mengembang dan terlihat seperti kopi kocok.

Tuang campuran ke selembar kertas perkamen dengan bantuan spatula anti lengket. Biarkan dingin selama sekitar 10 detik, lalu tekan cangkir atau mangkuk di atasnya untuk meratakannya. Menurut TikTok, ini adalah bagian tersulit, karena sangat lengket. Cap menggunakan pembentuk kue Anda dengan cepat dan lepaskan.

Sekarang tunggu hingga seluruh bagian mengeras, dan potong pinggirnya tanpa merusak bentuk bagian dalamnya. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar