Iklan Banner Sukun
Ragam

Vaksin Pfizer sudah Digunakan di Indonesia, Seberapa Efektif?

Ilustrasi vaksinasi (foto : Gustavo Fring, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Berbagai penanganan dari virus covid sudah mulai ditunjukkan. Hal ini dilihat dari pembatasan kegiatan dan pemberian vaksin. Indonesia telah melakukan program vaksinasi massal sejak awal tahun 2021.

Ada berbagai vaksin yang digunakan Indonesia untuk memberikan imun pada masyarakat sehingga lebih terbebas dari penyakit, diantaranya Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca dan Moderna

Kali ini ada vaksin jenis baru yang muncul bernama vaksin. Vaksin Covid-19 berbasis messenger RNA (mRNA) berasal dari perusahaan obat buatan Amerika yang bekerjasama dengan BioNTech Jerman. Vaksin ini sudah tiba di Indonesia dan mulai digunakan di Jakarta mulai Senin (23/8/2021).

Untuk saat ini, distribusi vaksin Pfizer di Indonesia lebih diutamakan bagi wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek). Dengan adanya Vaksin Pfizer semoga dapat membantu dalam melengkapi kebutuhan vaksin Covid-19 masyarakat Indonesia sehingga mencapai herd immunity atau kekebalan komunal dalam mengatasi virus corona.

Penjelasan mengenai Vaksin Pfizer adalah satu dari dua jenis vaksin mRNA yang ada di dunia. Negara yang pertama kali menggunakan vaksin ini adalah Amerika Serikat dilanjutkan dengan negara Eropa.

Kepala BPOM Penny K. Lukito menyampaikan jika vaksin Covid-19 Pfizer dan BioNTech dengan nama Comirnaty, dapat dikatakan sebagai vaksin yang efektif dalam mencegah Covid-19. Pernyataan ini dibuktikan melalui data hasil uji klinis.

Hasil dari uji klinis menunjukkan orang dengan dua dosis vaksin Pfizer, 95 persen kecil kemungkinan terkena Covid-19 dibandingkan orang yang tidak melakukan vaksin virus corona. Sedangkan efikasi vaksin Pfizer baik untuk kelompok lanjut usia, 65 tahun, serta mereka yang memiliki kondisi medis atau penyakit penyerta (komorbid).

Info menarik lainnya tentang vaksin Pfizer adalah efikasi vaksin Pfizer yang diterima BPOM menunjukkan 100 persen efektif pada remaja usia 12 tahun ke atas.

Maka dapat disimpulkan jika vaksin Covid-19 Pfizer memberikan perlindungan yang tinggi terhadap infeksi Covid-19. Jika dilihat dari Efikasi (vaksin Pfizer) Comirnaty untuk orang usia 19 tahun ke atas mencapai 95 persen. Namun di usia 12 sampai 15 tahun (efikasi vaksin) adalah 100 persen. [prd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar