Iklan Banner Sukun
Ragam

Untung Atau Rugi? Memahami Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kesehatan

(Foto: Clay Banks, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Asuransi kesehatan merupakan salah satu hal penting yang mestinya dimiliki setiap keluarga di Indonesia. Pasalnya, seseorang tidak lagi pusing memikirkan besaran biaya kesehatan yang mungkin diperlukan saat kemudian hari.

Kendati demikian, tak sedikit orang yang justru merasa rugi ketika membeli produk asuransi kesehatan bagi keluarga. Padahal, jika suatu saat salah satu anggota keluarga sakit, premi yang dikeluarkan setiap bulan bisa jauh lebih kecil daripada manfaat yang diperoleh.

Minat asuransi kesehatan di Indonesia pun terbilang rendah karena masih banyak yang beranggap rugi tersebut. Namun sebenarnya, asuransi kesehatan lebih banyak untung, atau ruginya, berikut ini penjelasannya.

Bisa Melindungi Aset

Menurut pakar perencana keuangan bernama Bareyn Mochaddin, premi untuk membeli asuransi kesehatan bisa melindungi aset keluarga. Misalnya saja ketika saat salah satu anggota keluarga sakit.

Terlebih lagi jika seseorang punya dana darurat. Kalau tidak, justru aset harus dijual demi membayar biaya kesehatan yang diperlukan.

Punya Peluang Sehat Lebih Besar

Selain dapat melindungi keluarga secara finansial, produk asuransi kesehatan juga bisa membuka peluang keluarga untuk tetap sehat sehingga tingkat harapan hidup juga jauh lebih besar.

Dokter spesialis gizi bernama Diana F. Suganda, menceritakan jika dirinya punya banyak pasien yang mesti dirawat intensif di RS. Sehingga bagi pasien yang di-cover asuransi, lebih mudah dan enak secara terapi.

Namun, hal itu berbeda dengan seseorang yang mesti bayar sendiri, sebab jika tidak ada dana darurat, orang tersebut mesti pulang lantaran kendala pada segi biaya meski sebenarnya tidak bisa pulang.

Sebagai Tabungan Masa Depan

Manfaat asuransi lain yang bisa didapatkan yaitu peluang guna memperoleh investasi juga tabungan masa depan. Pada umumnya perusahaan asuransi punya kebijakan guna mengembalikan dana atau premi sebesar 100% saat masa berlaku polis telah habis.

Namun, ini juga berlaku syarat dan ketentuan mengenai hal ini tertuang dalam polis masing-masing. Oleh sebab itu asuransi kesehatan dapat dijadikan sebagai tabungan atau investasi masa depan.

Tanpa disadari, seseorang akan mengumpulkan uang setiap bulan untuk membayar premi. Secara tidak langsung kamu pun sedang menabung atau berinvestasi, plus mendapat jaminan pelayanan kesehatan.

Dari beberapa manfaat tersebut, dapat disimpulkan jika sebenarnya menggunakan asuransi kesehatan itu lebih banyak untung. Sehingga tidak perlu khawatir lagi akan merugi dengan pembelian asuransi kesehatan. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar