Iklan Banner Sukun
Ragam

Trik Agar Anak Gemar Makan Sayur Yang Bisa Anda Coba

(Foto: FitNish Media, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sayur memang sering menjadi mimpi buruk bagi anak-anak. Banyak dari mereka yang tak suka sama sekali dengan sayur. Rasa sayuran yang tak seenak dan gurih seperti daging, misalnya menjadi alasan utama mereka menolak makan sayur.

Salah satu cara yang bisa anda coba agar tidak membenci sayuran adalah dengan berkata untuk ‘makanlah ini, bukan itu’. Hal ini sudah dicoba oleh ahli diet dan melalui banyak percobaan trial and error. Lebih lanjut, berikut ini beberapa tips dan trik agar anak menyukai sayuran.

Campurkan mentega didalam sayuran


Kebanyakan anak membenci brokoli dan kangkung ialah karena rasa yang pahit. Secara alami, anak-anak akan menghindari makanan pahit, inilah yang membuat mereka tidak mau memakannya.

Namun, jika ditambahkan mentega sayuran terasa lebih enak. Caranya, cobalah tambahkan satu sendok mentega per setengah mangkuk rebusan brokoli, kangkung atau bayam yang dimasak untuk meredam rasa pahitnya.

Suruh anak Anda Makan sayuran terlebih dahulu

Menunggu sampai anak benar benar lapar untuk menyajikan sayur seperti wortel, seledri, mentimun dan lain-lain cara ini adalah hal pertama yang akan mereka lihat dan mereka bahkan tidak perlu berfikir untuk meminta apapun.

Apalagi jika anak membawa bekal dari rumah saat sekolah, sediakan sayuran dan berpesan untuk menghabiskan sayuran terlebih dahulu. Karena menurut ahli diet praktik swasta di new York, anak-anak memiliki Cemilan lain, akan tetapi setidaknya mereka mau masukan sayuran terlebih dahulu.

Buat anak berperan menjadi koki Anda

Menurut ahli diet yang terdaftar dan pemilik go wellness di California iya menyatakan bahwa salah satu senjata rahasia yang ia lakukan adalah melibatkan anak-anak di dapur. Karena ketika anak-anak berada disisinya anak akan membantu masukan sayuran ke dalam panci dan menaburkan bumbu sendiri. Dan gambaran seperti itulah yang membuat anak tertarik dan penasaran mau makan sayur yang ia buat sendiri.

Itulah tips dan trik agar anak menyukai sayuran. namun selain tiga di atas, Ada tips lainnya yang juga berguna seperti

1. Gunakanlah kata-kata pilihan untuk anak agar makan sayur
2. Terapkan tekanan pada teman sebaya anak
3. Coba buatlah sendiri saus sayuran dirumah
4. Jika anda menanam sayur di rumah gunakan sayur sendiri dan ajak anak untuk memetiknya
5. Buatlah kesepakatan dua atau satu.
6. Abaikan anak dan biarkan ia makan sendiri, agar pada saat makan anak tidak merasa tertekan.
7. Jangan memberi sayuran yang sama setiap hari
8. Buatlah perayaan sayuran atau penghargaan jika anak sudah makan sayuran
9. Dan sembunyikan sayuran di jus buah Atau sembunyikan sayuran ke dalam sup daging. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar